nusabali

Ribuan Linmas Siap Kawal Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-ribuan-linmas-siap-kawal-pemilu-2024

SINGARAJA, NusaBali - Jelang dua pekan coblosan Pemilu 2024, ribuan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) siap mengawal keamanan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ada sebanyak 4.550 orang Linmas yang akan bertugas mengawal Pemilihan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2) mendatang.

Dari 2.275 TPS yang ada, masing-masing akan dijaga oleh 2 orang Linmas. Mereka pun masuk dalam kelengkapan petugas TPS yang wajib ada selain 7 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Petugas Linmas bertugas di bidang pengamanan TPS, termasuk membantu mengarahkan pemilih yang datang masuk ke TPS.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buleleng I Gede Arya Suardana, Rabu (31/1) kemarin mengungkapkan, perekrutan Linmas untuk pengamanan TPS Pemilu 2024, sudah dilakukan jauh-jauh hari. Meskipun sempat terkendala, karena di beberapa desa jumlah Linmas masih terbatas.

“Selanjutnya penugasan mereka di masing-masing TPS akan di-SK-kan langsung oleh perbekelnya masing-masing. Kami hanya memastikan seluruh desa sudah memiliki Linmas yang cukup untuk pengawasan Pemilu 2024 ini,” ucap Arya Suardana.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana, mengatakan penyiapan 2 orang personil Linmas untuk pengamanan masing-masing TPS, akan langsung bertugas pada hari H. Mereka tidak lagi diberikan bimbingan teknis (bimtek) dalam penyelenggaraan pencoblosan.

“Mereka bertugas penjagaan keamanan. Tugas lain yang memungkinkan juga membantu KPPS menyiapkan TPS, atau menempel kelengkapan saat penghitungan suara dan mengarahkan pemilih yang datang masuk atau keluar dari TPS,” ucap Dudhi.

Linmas juga dimungkinkan membantu mengantarkan lansia masuk ke TPS. Namun untuk pendampingan lansia atau disabilitas ke bilik suara hanya boleh dilakukan oleh anggota keluarga atau Ketua KPPS dengan syarat mengisi form pendampingan. Seluruh Linmas yang bertugas dalam pengamanan TPS Pemilu 2024, juga akan mendapatkan honor Rp 900.000 per orang.7 k23

Komentar