nusabali

4 Siswa SMK di Bali Berebut Tiket ke SMK Fest se-Bali

  • www.nusabali.com-4-siswa-smk-di-bali-berebut-tiket-ke-smk-fest-se-bali

AMLAPURA, NusaBali - Lomba Asisten Keperawatan Caregiver di SMK Festival Bali Timur 2024, memperebutkan tiket ke tingkat Provinsi Bali. Empat siswa dari 4 SMK di Bali Timur mengikuti lomba yang berlangsung di Lab Asisten Keperawatan Caregiver, SMKN 1 Amlapura, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (29/1).

Lomba dikoordinasikan Ayu Prita Windari, bersama Sekretaris Kembar Dani Sintaningsih. Materi lomba yakni tes tulis, wawancara, dan praktik kerja. Setiap bagian bobotnya 100. Bagi yang meraih akumulasi nilai tertinggi berhak jadi juara, untuk mewakili Bali Timur ke Lomba Provinsi Bali, Maret 2024.

Hadir tiga dewan juri, yakni Dr AA Istri Putra Kusumawati dari RSUP Prof dr IGNNG Ngoerah, Ida Ayu Nyoman Sriwidiasih dari Puskesmas Bebandem dan Dr Ni Wayan Trisnadewi dari STIKES Wira Medika Bali. Pesertanya, I Putu Heni Wulandari dari SMKN 1 Tembuku, Bangli, Luh Ade Candra Jyoita dari SMK Panca Atma Jaya Klungkung, Ni Ketut Ayu Sarayanti Dewi dari SMK Praja Pandawa Bangli dan Ni Wayan Sugiani dari SMKN 1 Amlapura.

"Dewan jurinya dari kalangan akademisi dan profesional, sehingga penilaiannya objektif," jelas Ayu Prita.

Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana mengatakan, siswa yang jadi andalan SMKN 1 Amlapura, telah mendapatkan pembinaan khusus. "Pelayanannya nanti, bukan sebatas melayani pasien dalam negeri, juga pasien luar negeri, makanya saat berkomunikasi dengan pasien juga gunakan bahasa Inggris," jelas Artana.

Misalnya, setamat SMK nantinya bertugas di RS Internasional, wajib memahami bahasa Inggris. "Makanya saya persyaratkan peserta dari SMKN 1 Amlapura, wajib menguasai bahasa Inggris," tambah pendidik dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem.

SMK Festival 2024 untuk menjaring bakat-bakat siswa di wilayah Bali Timur, meliputi Bangli, Klungkung dan Karangasem. Kegiatan ini melibatkan 30 SMK pada 29 - 31 Januari yang pelaksanaannya terpusat di SMKN 4 Bangli. Khusus lomba asisten keperawatan caregiver bertempat di SMKN 1 Amlapura, selebihnya di SMKN 4 Bangli.

Jenis kegiatan lain, yakni pameran kreativitas SMK dengan melaksanakan gelar karya anak bangsa berkolaborasi dengan industry. Pameran ini menyajikan produk-produk unggulan hasil inovasi siswa. Selain itu, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK se-Bali, Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) SMK se-Bali, Lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK se-Bali, dan lain-lain.

Peserta SMK Festival 2024 di Bali yakni dari Bangli 12 SMK, Klungkung 6 SMK, dan Karangasem 12 SMK.

SMK Festival digelar serentak di Bali di beberapa tempat, yakni di SMKN 1 Kuta Selatan, pesertanya 29 SMK se-Badung, di SMKN 2 Negara pesertanya 14 SMK dari Tabanan dan 9 SMK dari Jembrana, di SMKN 3 Singaraja pesertanya 26 SMK se-Buleleng, di SMKN 3 Denpasar pesertanya 34 SMK se-Denpasar dan di SMKN 1, SMKN 2 dan SMKN 3 Sukawati Gianyar pesr5tanya 27 SMK se-Gianyar.7k16

Komentar