nusabali

Rossi Bangga, Sponsor Utama VR46 Racing Team dari Indonesia

  • www.nusabali.com-rossi-bangga-sponsor-utama-vr46-racing-team-dari-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Legenda MotoGP dan sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, sangat senang dan bangga akhirnya dapat meluncurkan skuadnya, Pertamina Enduro VR46 Racing Team menjelang MotoGP 2024. Rossi juga merasa sangat bangga berkolaborasi dengan perusahaan Indonesia sebagai sponsor utama, yaitu Pertamina Lubricants.

Musim 2024 menjadi peringatan satu dekade skuad Valentino Rossi, VR46 Racing Team, berlaga di Kejuaraan Dunia Balap Motor.  Tim itu debut di kelas Moto3 2014 dan merambah Moto2 pada 2017. Mereka sukses meraih gelar dunia pembalap Moto2 2018 lewat Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan gelar dunia tim Moto2 2020.

Mereka lalu menjalani debut di MotoGP pada 2022, dan memutuskan memundurkan diri dari kelas-kelas ringan sepenuhnya pada 2023 demi fokus di kelas tertinggi. Sebelumnya disponsori Mooney, dan pada musim 2024 disponsori Pertamina Enduro dengan kontrak tiga musim. 

Valentino Rossi pun merasa bangga ternyata sudah cukup lama VR46 Racing Team berlaga di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Menurutnya, sejarah tim sudah panjang, karena memasuki tahun ke-11. Sejak 2022, ini menjadi musim ketiga VR46 di MotoGP, usai datang dari Moto3.

"Kami selalu punya mitra yang hebat, tetapi kami secara khusus merasa bangga atas kerja sama ini dengan Pertamina Enduro, karena ini bakal sangat penting. Selain itu, Indonesia menjadi salah satu tempat paling penting di dunia bagi MotoGP," kata The Doctor, julukan Rossi.

Rossi sendiri pernah berlaga di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Sentul, Bogor pada GP125 1996 dan 1997. Akibat pensiun pada akhir 2021, Rossi belum pernah menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok.

Meski begitu, mantan rider Honda, Ducati, dan Yamaha ini sudah berkali-kali mengunjungi Indonesia dan menyaksikan sendiri antusiasme fans terhadap MotoGP. Rossi menilai gairah orang Indonesia terhadap MotoGP luar biasa. Jika ke Indonesia, jalanannya mirip dengan Italia pada era 1980-an dan 1990-an. 

"Semua orang punya skuter, semua orang menggila dengan gasnya. Semua orang pakai atribut VR46 di helmnya. Jadi, rasa cinta mereka kepada MotoGP sangat besar dan kami sangat senang," kata Rossi.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi mengatakan pihaknya merasa antusias untuk memulai musim perdana mereka bersama tim balap MotoGP VR46, tahun ini.

“Hal ini menandai momen bersejarah bagi Pertamina Lubricants. Di Pertamina, kami sangat bangga atas kerja sama kami dengan VR46 Racing Team. Kami yakin bahwa mereka akan mengalami pertumbuhan signifikan dan tampil sebagai kekuatan besar di kancah balap,” kata Werry Prayogi.

Lebih lanjut, Werry mengatakan kerja sama ini bukan hanya sekadar kerja sama Pertamina Lubricants sebagai sponsor utama tim, tapi juga sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa produk pelumas Indonesia ini memenuhi standar kualitas kelas dunia.

“Kemitraan ini lebih dari sekedar sponsorship; ini adalah kolaborasi strategis antara dua entitas yang memiliki visi pertumbuhan yang sama,” kata Werry.

Werry melanjutkan, baik Pertamina Lubricants maupun VR46 Racing Team bercita-cita menjadi pemain berpengaruh di industri otomotif global.

“Kami berkomitmen untuk bekerja keras dan melakukan upaya terbaik untuk mewujudkan impian ini. Kami percaya pada kemampuan kami untuk mencapainya,” kata Werry. ant

Komentar