nusabali

Logistik Pemilu 95%, Tinggal Disebar ke Kecamatan

  • www.nusabali.com-logistik-pemilu-95-tinggal-disebar-ke-kecamatan

GIANYAR, NusaBali - Persiapan logistik pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Gianyar sudah 95%. Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura mengatakan, logistik tinggal disebar ke 7 kecamatan. Targetnya tanggal 4 Februari 2024 semua logistik sudah terdistribusikan. Seluruh komponen surat suara sudah terpenuhi, saat ini masih loading bagi 3 kecamatan yang belum.

“Mudah-mudahan sesuai target di tanggal 4 Februari semua logistik siap didistribusikan,” kata Wayan Mura saat coffe morning dengan Penjabat Bupati Gianyar beserta Forkopimda Gianyar di Taman Maheswara Kantor Bupati Gianyar, Jumat (26/1). Saat hari pencoblosan 14 Februari nanti, bagi masyarakat yang berhalangan hadir ke TPS, penyelenggara mendatangi mereka ke rumah-rumah. Mereka didatangi ke rumah jika pemungutan suara di TPS sudah selesai, surat suara masih tersedia, dan mendapat persetujuan dari KPPS dan Pengawas TPS. 

KPU Gianyar mengklaim tidak ada TPS di area blank spot sehingga pelaksanaan Pemilu bisa berjalan sesuai rencana. Proses pasca pemungutan suara telah disederhanakan untuk mencegah kelelahan ekstrem pada petugas pelaksana pemungutan suara di masing-masing TPS. Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa mengatakan, tahapan Pemilu sudah berjalan. “Penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan menyamakan persepsi terkait penyelengaraan Pemilu sesuai tugas masing-masing,” ujar Dewa Tagel Wirasa.

Anggota Bawaslu Gianyar, I Wayan Gede Sutirta mengatakan Bawaslu terus berkomitmen melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan pada tiap tahapan Pemilu 2024. Melakukan pengawasan terhadap netralitas ASN, perangkat desa, dan netralitas TNI-Polri. “Kami terus melakukan pengawasan, mulai jajaran Panwascam maupun Panwasdesa/kelurahan, lebih dari 300 titik telah kami awasi berkaitan kampanye tatap muka maupun pertemuan terbatas yang dilakukan oleh rekan-rekan partai politik maupun calon DPD dan DPRD yang tersebar di seluruh wilayah Gianyar ini,” ungkap Gede Sutirta.

Kabag Ops Polres Gianyar, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira mengatakan, Polres Gianyar selalu siap mengamankan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu, mulai dari pendistribusian hingga pemungutan dan penghitungan suara. Jauh-jauh hari sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab, KPU, dan stakeholder terkait guna memastikan penyenggaraan Pemilu berjalan aman dan lancar. “Polres Gianyar siap dalam pengamanan pada pemungutan dan penghitungan suara,” tegas Kompol Yudistira. 7 nvi

Komentar