nusabali

Bupati Tamba Tinjau Perbaikan Pura Segara Gilimanuk

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-tinjau-perbaikan-pura-segara-gilimanuk

NEGARA, NusaBali - Perbaikan Pura Segara Gilimanuk di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Bali Tahun Anggaran 2023 rampung dikerjakan. Guna memastikan pekerjaan sesuai dengan yang direncanakan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara langsung meninjau hasil perbaikan Pura Segara Gilimanuk, Kamis (25/1).

Ada berbagai perbaikan di Pura Segara Gilimanuk yang dilaksankan melalui BKK Bali 2023 senilai Rp 1,9 miliar itu. Di areal Utama Mandala, ada perbaikan Pelinggih Padmasana, Meru, Pengelurah, Taksu, Bale Pelik, Gedong Simpen, Bale Paselang, dan Bale Piasan. Sementara di Madya Mandala, perbaikan meliputi Bale Gong, Gedong Wastra, dan Bale Pengubeng. Kemudian di areal Nista Mandala juga dibangun gedong/gudang sebagai penunjang kegiatan di Pura.

Usai peninjauan, Bupati Tamba mengungkapkan akan kembali melaksanakan penataan di kawasan Pura Segara Gilimanuk. Sejumlah fasilitas akan diperbaiki dan dibangun untuk menunjang kegiatan yadnya di Pura Segara Gilimanuk. "Untuk selanjutnya, saya rencanakan untuk membangun Wantilan di Pura Segara Gilimanuk. Selain itu juga tempat Melasti Ida Bhatara akan kita bangun sesuai usulan dari Krama Desa Adat Gilimanuk," ucap Bupati Tamba.


Bupati Tamba mengatakan, akan mengupayakan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pembangunan lanjutan di Pura Segara Gilimanuk tersebut agar segera dapat direalisasikan. "Astungkara, akan kita upayakan pada anggaran perubahan tahun ini. Mohon doa restu, agar semua dapat terlaksana sesuai rencana," ucap Bupati Tamba.

Tekait akan dilaksanakannya upacara ngaben Kusa Prenawe bagi manusia prasejarah di Museum Purbakala Gilimanuk, Bupati Tamba juga memohon doa restu dan dukungan. Khususnya kepada seluruh warga di Gilimanuk sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan labda karya. "Diharapkan dengan gelaran upacara pengabenan Kusa Prenawa dapat membawa kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jembrana ini," harapnya.

Terakhir, Bupati Tamba juga menyebut banyak hal yang sudah dan akan dilakukan di Gilimanuk ini. Mengingat Gilimanuk sebagai wajahnya Bali sehingga harus betul-betul ditata dan dikelola dengan baik.

"Seperti halnya senderan pantai penahan abrasi, kemudian perbaikan jalan, perbaikan pura segara, dan nantinya genah melasti di Gilimanuk. Termasuk juga penataan Pelabuhan Gilimanuk dan destinasi wisata yang ada disekitarnya," ucap Bupati Tamba.@ode

Komentar