nusabali

Ogoh-Ogoh Dukuh Tangkas Pemogan: Kreativitas dan Ramah Lingkungan

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-dukuh-tangkas-pemogan-kreativitas-dan-ramah-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Dharma Duta Cesana di Banjar Dukuh Tangkas, Pemogan, Denpasar Selatan, tengah mempersiapkan ogoh-ogoh untuk mengikuti lomba ogoh-ogoh di desa setempat. Ogoh-ogoh tersebut digarap sejak 10 Desember 2023, dan saat ini sudah setengah jadi.

Menurut I Gede Yoga Prasetya, anggota ST yang dipercayakan sebagai arsitek ogoh-ogoh, ogoh-ogoh tersebut memiliki satu tokoh karakter dengan tinggi kurang lebih 3 meteran dan memiliki lebar 2,5 meter. Ogoh-ogoh ini digambarkan dalam posisi duduk dan sedikit lebar dan besar.

“Kami berharap, ogoh-ogoh ini dapat menjadi tontonan yang menarik dan menghibur bagi masyarakat,” ujar Yoga, Rabu (24/1/2024).

Yoga menambahkan, ogoh-ogoh tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang yang mudah diperoleh. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya dan juga untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami berusaha seminim dan sekreatif mungkin dalam mengolah bahan-bahan yang ada di sekitar. Kami ingin ogoh-ogoh ini tetap terlihat menarik dan juga ramah lingkungan,” jelasnya.

Yoga berharap, ogoh-ogoh yang dibuatnya dapat selesai tepat waktu dan meraih juara dalam lomba ogoh-ogoh di desa setempat. Ia juga berharap, ogoh-ogoh tersebut dapat dinikmati masyarakat luas dan makna dari ogoh-ogoh tersebut dapat tersampaikan.

“Harapan saya, khusus bagi anggota ST setiap musim ogoh-ogoh luangkanlah waktunya untuk membantu rekan-rekan yang lain di banjar agar penggarapan ogoh-ogoh ini cepat selesai,” ujar Yoga. *m03

Komentar