nusabali

Desa Dangin Puri Kaja Gelar Lomba Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-desa-dangin-puri-kaja-gelar-lomba-bulan-bahasa-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Kegiatan lomba Bulan Bahasa Bali di Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, sukses digelar pada Sabtu (20/1/2024). Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Ada empat kategori lomba yang digelar, yaitu lomba pidarta bahasa Bali, lomba ngewacen bahasa Bali, lomba nyurat aksara Bali, dan lomba mesatua bahasa Bali. Lomba-lomba ini bertujuan untuk melestarikan bahasa Bali dan budaya Bali.

Lomba pidarta bahasa Bali diikuti oleh Kelian Adat yang berada di Desa Dangin Puri Kaja;  Lomba ngewacen bahasa Bali diikuti oleh peserta di tingkat usia 15-18 tahun;  Lomba nyurat aksara Bali di ikuti siswa kelas 1-6 SD; sedangkan Lomba mesatua bahasa Bali diikuti oleh ibu-ibu PKK di masing-masing dusun/banjar di wewidangan/wilayah Desa Dangin Puri Kaja. 

"Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang setiap tahun dilaksanakan. Nantinya juara-juara dalam perlombaan ini akan maju ke tingkat Kota Denpasar," kata Ngakan Ketut Danan Kartika, Panitia Pelaksana Kegiatan Lomba.

Menurut Danan, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi generasi muda, terutama dalam mengenal dan mempelajari bahasa Bali.

"Dengan adanya kegiatan ini, generasi muda dapat kembali mengenal bahasa ibu yakni bahasa Bali. Mungkin di zaman-zaman orang tua terdahulu bahasa Bali sudah lumrah digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Seiring berjalannya waktu dan berkembang maupun banyaknya perubahan tentu anak-anak muda milenial jarang mengetahui bahasa Bali khususnya Bali halus," kata Danan.

Hal senada disampaikan Perbekel Desa Dangin Puri Kaja, AA Ngurah Gede Cahyadi. Ia berharap kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilestarikan.

"Saya berharap semoga kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilestarikan karena dengan adanya bulan bahasa Bali, bahasa Bali kembali menjadi hidup dan lebih memiliki makna bagi kehidupan," kata Cahyadi. *m03


Komentar