nusabali

Satpol PP Bangli Gencarkan Sidak Duktang

  • www.nusabali.com-satpol-pp-bangli-gencarkan-sidak-duktang

BANGLI, NusaBali - Sidak menyasar penduduk pendatang (duktang) digencarkan petugas Satpol PP Bangli. Sidak dilakukan secara berkala dengan menyasar sejumlah kantong-kantong duktang di Bangli.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satpol PP Bangli Dewa Agung Suryadarma, Jumat (19/1). Kata dia, sidak digelar untuk memastikan jumlah penduduk yang datang ke Bangli, pasca libur Natal dan Tahun Baru 2024. Selain itu juga mengetahui dan mengantisipasi pergerakan penduduk yang pindah domisili, menjelang Pemilu 2024.

"Sidak ini juga untuk memastikan apakah mereka pendatang dari luar Bali yang ke Bangli, atau orang Bali yang pindah ke Bangli," ungkapnya.

Salah satu lokasi yang disasar yakni kantong duktang di Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut. "Kantong duktang di Bangli menyebar di empat kecamatan. Kami lakukan sidak secara berkala di setiap wilayah," kata pejabat asal Kecamatan Susut Bangli ini.

Dia mencontohkan di Kecamatan Susut, duktang kebanyakan di kawasan peternakan. Sedangkan di Kota Bangli, kebanyakan duktang berlokasi di Kelurahan Bebalang dan Kelurahan Cempaga.

Ditambahkan, hari pertama sidak, didapati 11 penduduk non permanen. Kemudian anggota satpol PP mencatat alamat sesuai KTP serta penanggungjawab. "Kami mengimbau agar melakukan pelaporan ke kepala lingkungan setempat dan Dinas Dukcapil Bangli," ujarnya. 

Dia menambahkan, kegiatan sidak ini merupakan upaya pihaknya menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah. Diantaranya, Permendagri No : 74 Tahun 2022 tentang Pendataan Penduduk Non Permanen dan Peraturan Daerah No : 10 Tahun 2018 tentang Ketertiban Umum. 7esa

Komentar