nusabali

Mesin Somel dan Gudang Kayu Terbakar

  • www.nusabali.com-mesin-somel-dan-gudang-kayu-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali - Mesin kayu (somel) di Banjar Semaagung, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung terbakar, Minggu (14/1) subuh. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Tidak ada korban dalam musibah ini. Pemilik mesin, I Dewa Gede Darma Yoga, 28, mengalami kerugian sekitar Rp 75 juta.

Informasi di lapangan, sekitar pukul 04.30 WITA warga sekitar melihat kepulan asap dari lokasi somel. Setelah dicek terjadi kebakaran pada mesin somel. Di dalam bangunan terdapat 1 orang karyawan yang tinggal bersama keluarga. Mereka menyadari ada kebakaran setelah mendengar teriakan dari luar. Warga sekitar melakukan upaya pemadam dengan dengan alat seadanya. Warga juga menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Klungkung. Sekitrar pukul 04.50 WITA, dua unit Damkar tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. 
 
Dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik. Api dengan cepat membesar karena masih adanya serbuk kayu di sekitar mesin somel. Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suarbawa mengatakan setelah menerima laporan langsung ke lokasi untuk melakukan pemadaman. “Kerugian ditaksir mencapai Rp 75 juta,” ujar Dewa Suarbawa.

Kebakaran juga terjadi di gudang pengolahan kayu, Jalan Bypass Dharma Giri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (13/1) malam. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran di gudang kayu milik I Wayan Pasek, warga Banjar Antugan, Desa Blahbatuh itu pertama kali dilihat oleh saksi I Ketut Wijaya saat berada di bengkel Wirayasa, tepat depan tempat kejadian. Saksi bersama temannya di BPBD Gianyar menghubungi Damkar. 

Sekitar pukul 22.30 WITA, 3 unit mobil Damkar Pemkab Gianyar tiba di lokasi dan melakukan pemadaman. Anggota Polsek Blahbatuh, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa Desa Buruan, dan warga sekitar turut membantu. Barang-barang yang terbakar berupa 1 buah mesin pemotong kayu, 1 buah mesin serut, dan 1 buah mesin bor duduk. Kerugian diperkirakan Rp 20 juta. Kapolsek Blabatuh, Kompol I Made Tama mengatakan, pemilik gudang menduga penyebab kebakaran akibat korsleting listrik. 7 wan, nvi

Komentar