nusabali

ST Eka Bhuwana Banjar Batur Ubung Bersiap Sambut Tahun Baru Caka 1946

  • www.nusabali.com-st-eka-bhuwana-banjar-batur-ubung-bersiap-sambut-tahun-baru-caka-1946

DENPASAR, NusaBali.com - ST Eka Bhuwana, Banjar Batur, Ubung, Kecamatan Denpasar Utara, tak mau ketinggalan menyambut Tahun Baru Caka 1946 pada 11 Maret mendatang. Sebuah ogoh-ogoh yang disiapkan sejak akhir tahun lalu, kini sudah setengah jadi.

Anom Ramatha Diana, Ketua ST Eka Bhuwana Banjar Batur, Ubung, saat ditemui Selasa (2/1/2024) mengatakan pengerjaan sudah mencapai kisaran 60 persen. "Rencana ogoh-ogoh ini kami ikutkan lomba di kota Denpasar. Adanya Kasanga Festival membuat yowana menjadi semangat dalam berkarya, berinovasi, dan berkreativitas khususnya dalam seni ogoh-ogoh."

Jika kembali digelar sebagaimana tahun lalu, maka Kasanga Festival dinilai mampu memberikan dorongan positif bagi para seniman lokal. Anom Ramatha Diana tidak menargetkan juara, tetapi berharap karya mereka dapat dikenal oleh masyarakat luas dan wisatawan. 

"Dengan adanya pergelaran lomba ogoh-ogoh ini dalam menyambut tahun Caka 1946, kami harap karya kami dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan. Secara tidak langsung, UMKM, pariwisata, dan ekonomi akan terus maju, bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19."

Dalam penggarapan ogoh-ogoh, Anom Ramatha Diana dan timnya menghadapi kendala anggaran. Meskipun anggaran yang dimiliki sebesar Rp 10 juta, mereka berusaha efisien dengan menggunakan bahan-bahan sisa dari tahun sebelumnya dan bahan daur ulang. 

"Kami menggunakan bambu sisit (bedeg), rotan, koran, kardus, plaster, dan lain-lain. Kami berusaha menggunakan bahan yang tidak terpakai, dan baru membeli jika memang diperlukan. Untuk biaya saat ini, baru keluar Rp 5 jutaan."

Anom Ramatha Diana berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi dampak positif ke depannya. Ia berujar, "Saya harap kegiatan ini bisa menjadi hal positif ke depannya, dapat melahirkan bibit baru, generasi muda yang kreatif dan inovatif di tengah kemajuan zaman teknologi. Semoga juga bisa memperkenalkan Bali sebagai pulau yang terkenal akan seni dan budaya di mancanegara."

Sebagai penutup, Anom Ramatha Diana, selaku ketua ST Eka Bhuwana, menyampaikan harapannya di awal tahun 2024, "Semoga menjadi tahun yang baik, semoga semua rencana dan planning yang kita harapkan dapat tercapai. Teruslah berproses sampai proses itu mengantarkan pada kesuksesan. Teruslah berkarya, tunjukkan bahwa kita generasi muda Bali adalah generasi yang hebat dan unggul." *m03




Komentar