nusabali

KPU RI Lantik 100 Anggota KPU di 20 Kabupaten/Kota

Incumbent Ketua KPU Kabupaten Klungkung Terpental

  • www.nusabali.com-kpu-ri-lantik-100-anggota-kpu-di-20-kabupatenkota

JAKARTA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik 100 anggota KPU dari 20 kabupaten/kota di lima Provinsi se-Indonesia periode 2024-2029, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (9/1).

Dari 100 Anggota KPU Kabupaten/Kota yang dilantik, termasuk diantaranya 5 komisioner KPU Klungkung. Dalam pelantikan kemarin, incumbent Ketua KPU Klungkung, I Gusti Lanang Mega Sakara tidak termasuk di dalamnya karena terpental alias tidak lolos seleksi. 
 
“KPU ini adalah lembaga layanan sehingga harus memaksimalkan sekaligus meningkatkan pelayanan kelembagaan kepada pemilih maupun peserta pemilu,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam sambutannya di Kantor Pusat KPU RI, Jakarta, Selasa (9/1).
 
Oleh karena itu, Hasyim mengingatkan kepada seratus anggota KPU kabupaten/kota yang telah dilantik untuk bekerja sesuai dengan ketentuan Undang-undang dan kode etik pemilu yang berlaku dengan ikhlas dan jujur.
 
Hasyim juga mengucapkan selamat kepada anggota KPU yang dilantik walaupun ucapan selamat itu paling tepat disampaikan nanti ketika selesai mengakhiri masa jabatan, karena kesuksesan dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada di daerah masing-masing.

Sebelumnya nama-nama kandidat KPU Klungkung periode 2024-2029 beredar luas, Senin (8/1). Mereka yang disebut-sebut melenggang sebagai kandidat Anggota KPU Klungkung dan akhirnya dilantik KPU RI adalah I Gede Suka Astreawan (incumbent), I Komang Artawan yang mantan Ketua Bawaslu Klungkung, I Ketut Sudiana, Luh Putu Inten Pradnyani, Made Dwi Adnyana Putra. 

Sementara, dua incumbent yakni Ketua KPU Klungkung Gusti Mega tidak lolos. Begitupula incumbent I Wayan Sumerta juga tidak lolos di seleksi sebelumnya. Gusti Mega dihubungi NusaBali, mengaku legowo walaupun tidak lolos seleksi Anggota KPU Kabupaten Klungkung periode 2024-2029. “Siapa yang terpilih, tentu ditentukan yang diatas. Saya sudah berusaha dan masuk 10 besar. Saya tentu legowo dengan hasil ini,” ujar Gusti Mega.

Dia berharap, Anggota KPU Klungkung periode berikutnya bisa melanjutkan tahapan-tahapan Pemilu 2024 dengan tertib dan lancar. Dia juga berharap personil yang baru nanti, mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Klungkung pada Pemilu 2024. Dari Pemilu 2019, partisipasi pemilih di Klungkung mencapai 82,2 persen. 

Sementara pada 2024 mendatang, partisipasi pemilih di Klungkung ditargetkan 83 persen. Gusti Mega juga selalu siap jika dilibatkan dan diminta bantuan terkait kepemiluan. “Seperti memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga saya siap,” ujar Gusti Mega. wan, ant

Komentar