nusabali

Perbaikan Meru Tumpang Tiga Pura Gunung Payung Hampir Rampung

  • www.nusabali.com-perbaikan-meru-tumpang-tiga-pura-gunung-payung-hampir-rampung

MANGUPURA, NusaBali - Perbaikan Meru Tumpang Tiga Pura Dang Kahyangan Gunung Payung di Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang mengalami kerusakan akibat musibah kebakaran pada 19 September 2023, hampir rampung. Progres pengerjaan sejauh ini sudah mencapai 70 persen.

Undagi perbaikan Meru Tumpang Tiga Pura Gunung Payung I Made Sudarma Yasa, mengatakan proyek berjalan sesuai rencana. Proses perbaikan, kata dia, difokuskan pada bagian bataran atau pekerjaan batu yang diperkirakan digarap selama satu minggu. Sementara, pemasangan kayu di palinggih akan dimulai pada Rabu (10/1) hari ini.

“Ijuk Meru Tumpang Tiga belum dipasang karena harus melalui proses pemasangan kayu terlebih dahulu. Setelah proses ini selesai, barulah pemasangan atap ijuk dapat dilakukan,” jelas pria yang memiliki nama beken Guru Kledet itu.

Menurutnya, atap Meru Tumpang Tiga akan tetap menggunakan ijuk yang berasal dari Bali, karena dipercaya sebagai bahan yang berwibawa bagi pura. Rencananya atap akan digarap terpisah oleh undagi asal Blahbatuh, Gianyar.

Hingga saat ini, dia bersama para tukang lainnya belum mengalami masalah atau kendala yang berarti dalam proses perbaikan. Semua tahapan berlangsung dengan baik, menggambarkan kolaborasi yang efektif antara masyarakat setempat dan undagi.

Dengan pencapaian 70 persen dalam proses perbaikan, diharapkan Pura Dang Kahyangan Gunung Payung dapat segera pulih dan berfungsi penuh sebagai tempat ibadah dan upacara keagamaan. Proyek perbaikan ini juga diharapkan dapat selesai sebelum perayaan Pujawali pada Sabtu (25/1) mendatang, guna memastikan kesiapan pura dalam menyambut upacara tersebut. “Target proyek ini selesai sebelum perayaan Pujawali,” katanya. 7 ol3

Komentar