nusabali

Pemerintah Buka 419.416 Formasi Guru ASN PPPK

  • www.nusabali.com-pemerintah-buka-419416-formasi-guru-asn-pppk

Saat ini sudah terdapat sekitar 800 ribu guru honorer yang diangkat menjadi guru ASN PPPK sejak 2021, dari target satu juta guru honorer yang akan menjadi guru ASN PPPK hingga akhir 2024.

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka 419.146 formasi bagi guru honorer dalam seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini.

“Baru saja kami mengusulkan formasi untuk (seleksi guru ASN PPPK) 2024 yaitu sejumlah 419.146 formasi,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam acara "Ngopi Bareng Bu Nunuk" di Jakarta, Jumat (5/1).

Nunuk menuturkan sampai saat ini sudah terdapat sekitar 800 ribu guru honorer yang diangkat menjadi guru ASN PPPK sejak 2021, dari target satu juta guru honorer yang akan menjadi guru ASN PPPK hingga akhir 2024.

Ia menjelaskan meski hanya membutuhkan 200 ribu formasi lagi untuk menuju target satu juta guru honorer menjadi ASN PPPK, namun pemerintah justru akan membuka kembali seleksi ASN PPPK tahun ini dengan formasi mencapai lebih dari 400 ribu.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memastikan bahwa tidak akan ada lagi guru honorer di sekolah-sekolah negeri. “Kalau ditotal guru non-ASN yang menjadi ASN sudah 800 ribu sehingga untuk satu juta gurunya tinggal 200 ribu lagi. Kami sedang membahas detail lagi agar pemerintah daerah mengusulkan formasi yang maksimal,” kata Nunuk.

Sementara itu ia mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah berdiskusi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai penyediaan anggaran gaji bagi 419.146 formasi guru ASN PPPK tersebut. “Kalau total formasi seluruhnya cukup besar yaitu 1,38 juta, di antara itu 419 ribu lebihnya adalah formasi guru,” katanya.

Tak hanya formasi untuk guru, Nunuk mengungkapkan usulan Kemendikbudristek untuk seleksi ASN PPPK bagi tenaga kependidikan juga telah diakomodir oleh Kementerian PANRB. “Jadi masuk ke dalam formasi teknis. Kalau diumumkan oleh Pak Menteri PANRB bahwa masuk ke formasi tenaga kependidikan jumlahnya 547 ribu,” ujarnya. 7 ant

Komentar