nusabali

Atasi Las Palmas, Xavi Yakin Barca Punya Kans juara

  • www.nusabali.com-atasi-las-palmas-xavi-yakin-barca-punya-kans-juara

LAS PALMAS, NusaBali - Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez mengatakan timnya masih mempunyai kans atau peluang meramaikan persaingan juara Liga Spanyol, meski kini terpaut tujuh poin dari Real Madrid di puncak klasemen, dengan 48 poin hingga pekan ke-19.

Demikian ditegaskan Xavi setelah timnya bangkit dari ketertinggalan danmemenangkan laga dramatis dengan skor 2-1 melawan Las Palmas di Gran Canaria Estadio, Jumat (5/1) dinihari WITA. 

Pada laga itu, Barca sempat tertinggal lebih dulu lewat mantan pemainnya Munir El Haddadi pada menit ke-12. Namun juara bertahan itu bangkit untuk membawa tiga poin setelah mencetak gol pada babak kedua lewat gol Ferran Torres (55’) dan penalti Ilkay Gundogan (90+3).

"Kami masih mempunyai peluang untuk bersaing memperebutkan gelar Liga. Kami adalah juara bertahan. Kami masih hidup dan siap memperjuangkannya,” kata Xavi di laman resmi klub, Jumat.

Xavi merasa setiap pertandingan sulit untuk dimenangkan dan hal itu cenderung ditentukan detail terkecil. Pelatih sekaligus legenda Barca itu mengutarakan kebahagiaannya karena timnya mampu membalikkan keadaan dan memetik dua kemenangan beruntun di liga setelah kemenangan 3-2 melawan Almeria, 21 Desember 2023.

Xavi juga sangat senang perubahan yang dilakukannya pada babak kedua menuai hasil yang manis. Sofascore mencatat, pada babak pertama El Barca kesulitan mengembangkan permainan karena tidak mencatatkan satu pun tendangan tepat sasaran dari total empat tendangan. Sedangkan tuan rumah Las Palmas mencatat tiga tendangan tepat sasaran dari total tujuh kali.

Di babak kedua, Xavi melakukan perubahan dengan memasukkan empat pemain yaitu Joao Felix, Lamine Yamal, Fermin Lopez, dan pemain baru Vitor Roque.

Perubahan ini berbuah manis, karena Blaugrana tampil lebih dominan dengan lima tendangan tepat sasaran dan dua di antaranya berakhir gol dari 11 tendangan. 

Sedangkan Las Palmas tanpa satu tendangan tepat sasaran dari total lima tendangan.

“Saya sangat senang dengan intensitas tim, kecepatan dan sikap. Kami menekan sangat baik, memenangkan bola kembali, dan menyerang ruang dengan cara yang benar,” kata Xavi.

Meski belum mencetak gol, Xavi menilai, Roque memperlihatkan permainan yang baik dengan mendapatkan peluang pada detik akhir laga. Xavi pun memuji performanya dalam laga debut itu.

Atas hasil ini, Barca menempati posisi ketiga dengan 41 poin. Terdekat, Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan melakoni laga Copa del Rey dan Supercopa de Espana sebelum melanjutkan laga Liga Spanyol melawan Real Betis pada 22 Januari pukul 01.30 WITA di Benito Villamarin. ant

Komentar