nusabali

Kodam IX/Udayana Gelar Pelestarian Alam

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-pelestarian-alam

BANGLI, NusaBali - Kodam IX/Udayana menggelar aksi kick off pelestarian alam. Bentuk kegiatan berupa penanaman pohon, pembersihan danau  dan pantai, secara serentak, Kamis (4/1).

Seribuan pohon disebar dan ditanam di wilayah Bali. Seperti yang berlangsung di areal Pura Pasar Agung Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli. Kegiatan tersebut dihadiri pula Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dan Kapolda Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra.

Seperti diketahui dalam kegiatan tersebut sedikitnya ada 1.025 pohon ditanam. Pohon pun berbagai jenis seperti mangga, nangka, cemara, ampupu. Untuk di kawasan Gunung Batur ada 525 pohon yang ditanam. Kemudian aksi kick off pelestarian alam diikuti sekitar 2.532 orang. Sedangkan lahan yang dibersihkan seluas 29.700 meter per segi.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menyampaikan dilaksanakan penanaman pohon dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini merupakan program dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). "TNI Angkatan Darat bersama masyarakat menjaga alam untuk NKRI," ungkapnya
 

Jelas Pangdam, kegiatan dilakukan di setiap Kodam di seluruh Indonesia, begitu juga untuk di wilayah Bali. Menurut Mayjen Harfendi, kegiatan ini dilakukan serentak di tiap-tiap kabupaten di Bali. "Bersih-bersih sampah plastik, bersih-bersih di pantai, sungai, danau, dan penanaman pohon. Intinya adalah kita bersama-sama menjaga alam. Supaya alam tetap bersahabat dengan kita, sehingga kita bisa hidup dengan nyaman. Apalagi Bali adalah daerah pariwisata. Kalau Bali bersih, nyaman akan banyak orang yang datang," jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan apresiasi atas prakarsa penanaman pohon di kawasan Gunung Batur. Seperti diketahui,  Gunung Batur adalah hulunya Pulau Bali, tangkernya air di Bali. Tentu tepat pemilihan lokasi untuk penanaman pohon. Kegiatan ini sejalan dengan instruksi Presiden bahwa di musim penghujan ini mulai dilakukan penanaman pohon.

"Akhir tahun kemarin kita tutup juga dengan penanaman pohon di Bedugul dan kali ini diawal tahun kita buka dengan penanaman pohon. Semoga dengan kita merawat alam, maka alam juga menjaga kita," ujarnya.

Kesinoman Pura Ulun Danu Batur I Made Santika menyampaikan terima kasih atas terlaksanakan kegiatan penanaman pohon serta pembersihan lingkungan danau. "Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Pangdam dan Bapak Danrem atas partisipasi menjaga alam melalui kegiatan penanaman pohon. Mudah-mudahan dengan penanaman pohon ini bisa terjaga harmonisasi alam," sambungnya.7esa

Komentar