nusabali

Yang Batu Kangin Garap 5 Karakter Ogoh-Ogoh, 2 Knock Down

  • www.nusabali.com-yang-batu-kangin-garap-5-karakter-ogoh-ogoh-2-knock-down
  • www.nusabali.com-yang-batu-kangin-garap-5-karakter-ogoh-ogoh-2-knock-down
  • www.nusabali.com-yang-batu-kangin-garap-5-karakter-ogoh-ogoh-2-knock-down

DENPASAR, NusaBali.com - Serangkaian persiapan menyambut Tahun Baru Caka 1946 terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk oleh Sekaa Teruna (ST) Shanti Yowana, Banjar Yang Batu Kangin, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh ST Shanti Yowana adalah pembuatan ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh ini akan diarak pada malam sebelum Hari Nyepi, tepatnya pada Minggu, 10 Maret 2024 mendatang.

Menurut I Wayan Ariasa Sandi Sojana selaku Wakil Panitia Pembuatan Ogoh-ogoh Tahun Caka 1946, proses pembuatan ogoh-ogoh telah dimulai sejak tanggal 16 Desember 2023.

"Proses pembuatan ogoh-ogoh kami mulai dari nuasen, dilanjutkan dengan mengelas besi, merangkai (membentuk kerangka ogoh-ogoh), dan mengerjakan bagian-bagian lainnya," ujar Ariasa.

Sejauh ini, proses pengerjaan ogoh-ogoh telah mencapai 25 persen. "Dalam ogoh-ogoh yang kami garap ada 5 karakter tokoh dan ada 2 tokoh karakter yang kami rancang dengan sistem bongkar pasang (knock down), yakni pada bagian karakter tokoh di atas dan karakter tokoh di bawah," imbuhnya.

Ariasa menambahkan, ST Shanti Yowana optimis mengikuti lomba ogoh-ogoh di tingkat kota Denpasar. Ia berharap, ogoh-ogoh yang dibuat dapat meraih juara.
"Untuk anggaran ogoh-ogoh kali ini belum dapat kami pastikan berapa anggaran yang dikeluarkan. Biaya saat ini baru mengeluarkan biaya di angka Rp 3 jutaan," ujar Ariasa.

Ia berharap, semua generasi muda khususnya ST/ yowana, agar dapat meluangkan waktunya untuk datang ke Banjar dalam membuat ogoh-ogoh.

"Meskipun setiap individu memiliki kesibukan masing-masing, akan tetapi melalui pembuatan ogoh-ogoh ini kita sebagai ST dapat saling membantu satu sama lain, bergotong royong, menjalin hubungan yang baik, dan dapat bertukar pikiran serta sama-sama saling belajar," harap Ariasa. *m03

Komentar