nusabali

Pj Bupati Tinjau Program Padat Karya Kemnaker

  • www.nusabali.com-pj-bupati-tinjau-program-padat-karya-kemnaker
  • www.nusabali.com-pj-bupati-tinjau-program-padat-karya-kemnaker

GIANYAR, NusaBali - Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa meninjau program padat karya rabat beton jalan usaha tani dan kelompok TKM Kawasan program Kemnaker RI tahun anggaran 2023 di Desa Batuan dan Desa Payangan, Rabu (3/1).

Dewa Tagel Wirasa mengunjungi lokasi padat karya dan melihat hasil kerja kelompok TKM didampingi Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani. Pada tahun 2023 Kabupaten Gianyar mendapatkan 4 program padat karya berupa rabat beton jalan usaha tani tersebar di Desa Melinggih, Desa Mas, Desa Petak Kaja, dan Desa Batuan. 

Ida Ayu Surya Adnyani menjelaskan, program padat karya Kemnaker untuk memberdayakan masyarakat serta mengurangi pengangguran di lokus kegiatan. Gianyar juga mendapatkan program padat karya untuk 10 kelompok TKM Kawasan dan 10 kelompok TKM Reguler. Pelatihan didampingi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai mitra perguruan tinggi dari Kemnaker. Instruktur, Gianyar berkolaborasi dengan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
 

Pj Bupati Gianyar mengapresiasi Disnaker Gianyar yang sudah menuntaskan program-program yang diluncurkan Kemnaker sehingga Gianyar menjadi yang terbaik di tahun 2022. Diharapkan program tahun 2023 ini, Gianyar bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya agar program yang diluncurkan akan lebih bermanfaat dan berkesinambungan. 

“Kinerja kolaborasi antara pusat, daerah, sampai ke tingkat desa seperti ini perlu lebih diefektifkan dan pantas ditiru oleh OPD lain sehingga pemerataan pembangunan lebih dirasakan oleh masyarakat,” ungkap Dewa Tagel Wirasa. 

Hadir dalam kunjungan tersebut, para perbekel penerima program didampingi para camat. Gianyar berhasil menyabet 4 kategori terbaik, di antaranya Terbaik Komitmen Pemerintah Daerah sebagai Daerah Penerima Kawasan, Terbaik Dinas Tenaga Kerja sebagai Pelaksana Program Kawasan, terbaik TKM Penerima Kegiatan Kawasan (TKM pengolahan hasil laut Putra Samudra Desa Lebih), TKM Kembang Sari Kain Tropis Gianyar kategori TKM Kawasan Terbaik dengan mendapat mitra terbanyak. 7 nvi

Komentar