nusabali

Pedagang dan Satgas Pantai Kuta Kumpulkan 6 Truk Sampah

  • www.nusabali.com-pedagang-dan-satgas-pantai-kuta-kumpulkan-6-truk-sampah

MANGUPURA, NusaBali - Sampah sisa perayaan Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12) di Pantai Kuta, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung masih terlihat berserakan hingga Selasa (2/1).

Para pedagang dibantu Satgas Pantai Kuta pun harus berjibaku membersihkannya. Meski telah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung satu hari setelah perayaan, namun sampah rupanya masih ada yang tersisa.

Ketua Satgas Pantai Kuta Wayan Sirna, mengatakan bersama para pedagang membersihkan sampah sisa tahun baru sejak pukul 07.00 Wita. Total sampah yang berhasil dibersihkan mencapai 6 truk atau setara 18 ton. “Sampah sisa perayaan itu dikumpulkan, total ada 6 truk yang sudah terangkut,” kata Sirna.

Meski sampah yang berhasil dikumpulkan terbilang banyak, Sirna menegaskan tak ada kendala dalam upaya pembersihan kemarin. Para pedagang, sebutnnya, juga sangat antusias membersihkan kawasan Pantai Kuta.

“Pedagang sangat antusias membantu membersihkan lokasi Pantai Kuta. Sampai saya membawa pengeras suara untuk mengoordinir di lapangan,” kata Sirna.

Bersih-bersih sampah tersebut tidak hanya dilakukan kemarin, melainkan akan dilanjutkan pada Rabu (3/1) hari ini. Rencananya akan fokus di eks tempat relokasi padagang Pasar Seni Kuta atau Parkir Kendaraan Pantai Kuta. Sekaligus bersamaan dengan pengangkutan sampah yang kemarin berhasil dikumpulkan, tapi belum sempat dibuang ke TPA Suwung.

Jika di hari biasa, kata Sirna, volume sampah hanya sekitar 1 hingga 2 truk saja. Sementara sampah tahun baru, itu mencapai lebih dari 6 truk, sampah itu berada di area pantai bagian atas. “Kalau sampah tahun baru pada area pantai bawah, sudah ditangani langsung oleh Dinas LHK Badung pada Senin,” katanya.

“Jenis sampahnya ada bermacam. Gabungan antara sampah pedagang dan sampah pengunjung, termasuk di antaranya berupa sampah kembang api,” imbuhnya. 7 ol3

Komentar