nusabali

Halangi LPJ, Pemkab Rencanakan Penebangan Pohon

  • www.nusabali.com-halangi-lpj-pemkab-rencanakan-penebangan-pohon

BANGLI, NusaBali - Pohon perindang di ruas jalan utama Kota Bangli sudah ditebang sebagian. Diawal tahun ini, akan dilakukan penebangan kembali, pasalnya lampu penerangan jalan (LPJ) terhalangi.

Cahaya lampu tidak optimal dapat menerangi saat malam hari. Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam rangka penataan wajah kota, pemerintah daerah di tahun 2023 kembali melakukan pemasangan lampu jamur. Ada ratusan titik lampu jamur dipasang. "Proses pemasangan sudah tuntas, suasana kota Bangli di malam hari tidak lagi remang-remang,” ungkapnya, Senin (1/1).

Namun demikian, ada beberapa titik  lampu pencahayaannya terhalang  pohon perindang. Semisal di lampu yang terpasang di ruas jalan Brigjen Ngurah Rai. Karena itu, dalam waktu dekat akan kembali dilakukan penebangan pohon perindang.

"Memang sudah sempat dilakukan penebangan namun baru menyasar pohon perindang di sisi sebelah barat bahu jalan. Karena menghalangi pencahayaan lampu jamur maka pohon perindang di sisi timur akan segera ditebang dalam waktu dekat ini,” kata Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini.

Sementara itu, khusus untuk pohon perindang di sisi sebelah timur yang tepatnya depan alun- alun Bangli tidak ditebang. Hal dilakukan agar area Alun-alun tetap rindang.

"Proses penebangan akan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.  Sebagai pengganti pohon yang ditebang nanti akan ditanam jenis pohon yang mudah dalam perawatan dan tidak berpotensi merusak trotoar," sebutnya. Untuk pohon perindang yang ada saat ini memiliki akar besar, dan kondisi merupakan trotoar. 7esa

Komentar