nusabali

Tahun Baru, 4.500 Wisatawan Berkunjung ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-tahun-baru-4500-wisatawan-berkunjung-ke-nusa-penida
  • www.nusabali.com-tahun-baru-4500-wisatawan-berkunjung-ke-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung mengalami peningkatan serangkaian libur Natal dan Tahun Baru 2024. Dalam sehari kunjungan mencapai 4.500 orang sedangkan pada hari biasa kunjungan rata-rata 2.000 orang per hari.

Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 kunjungan wisatawan mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kunjungan mulai meningkat sejak 23 Desember mencapai 3.658 orang, pada 28 Desember sudah mencapai 4.565 orang. Kunjungan hari biasa seperti pada 1 Desember 2023 mencapai 2.189 orang. "Kunjungan saat Natal dan menyambut tahun baru didominasi wisatawan domestik, karena bertepatan dengan libur sekolah," ujar Sulistiawati, Senin (1/1).

Peningkatan kunjungan  wisatawan mancanegara sekitar 10 persen dan kebanyakan one day trip ke Nusa Penida. Meskipun terjadi peningkatan kunjungan, antrean panjang di loket pungutan retribusi tidak terlalu membeludak. Begitu pula arus lalu lintas di ruas jalan utama menuju destinasi wisata di Nusa Penida masih terkendali. "Kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran arus lalu lintas," imbuh Sulistiawati.

Kadis Perhubungan Klungkung I Gusti Gede Gunarta sebelumnya menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk membahas antisipasi kemacetan lalu lintas saat libur Natal dan tahun baru di Nusa Penida. Di antaranya melibatkan UPP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) di Nusa Penida, kepolisian, dan TNI.

Ada pun penyebab kemacetan di Nusa Penida yakni kantong parkir di sekitar pelabuhan serta padatnya aktivitas angkutan pariwisata yang menjemput atau mengantar tamunya ke pelabuhan. "Kami menyiagakan petugas yang bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas," ujar Gusti Gunarta.

Dishub juga terus memberikan imbauan kepada sopir-sopir angkutan pariwisata, untuk tertib saat menjemput ataupun mengantar tamunya ke pelabuhan. Pasalnya, kemacetan kerap terjadi karena angkutan yang menjemput maupun mengantar wisatawan ke pelabuhan menumpuk di sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh dalam waktu bersamaan. Terlebih di sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh belum ada kantong parkir yang memadai. 7 wan

Komentar