nusabali

WNA Bisa Perpanjang Izin Tinggal di Indonesia Secara Online

  • www.nusabali.com-wna-bisa-perpanjang-izin-tinggal-di-indonesia-secara-online

MANGUPURA, NusaBali.com - Dalam upaya terus meningkatkan pelayanan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke Indonesia, Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan layanan perpanjangan izin tinggal secara online melalui website evisa.imigrasi.go.id.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim mengatakan bahwa layanan baru
ini ditujukan khusus bagi pemegang visa kunjungan yang berada di
Indonesia.

Silmy juga mengungkapkan trategi digitalisasi ini bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses perpanjangan izin tinggal yang sebelumnya memerlukan kunjungan langsung ke kantor imigrasi.

“Mulai dari proses pengajuan visa hingga perpanjangan izin tinggal, semuanya dapat dilakukan secara online melalui website yang disediakan oleh Ditjen Imigrasi. Tidak diperlukan lagi peneraan pada paspor karena langsung dikirim ke email pemohon,” ujar Silmy Karim pada Senin (1/1/2023) siang.

Lebih lanjut ia jelaskan, beberapa jenis visa yang dapat diperpanjang secara online termasuk visa kunjungan wisata (indeks C1), pengobatan (indeks C3), urusan pemerintahan (indeks C4), kursus singkat (indeks C9), dan kunjungan bisnis (indeks C11). Izin tinggal kunjungan dengan perpanjangan yang dapat diproses melalui evisa.imigrasi.go.id mencakup berbagai jenis visa yang telah disebutkan.

“Fitur baru ini telah melalui uji coba dan akan diterapkan mulai tanggal 31 Desember 2023. Dengan demikian, WNA yang berada di Indonesia dapat lebih nyaman dan praktis dalam mengurus visa dan izin tinggal mereka melalui pengalaman yang seamless,” tuturnya.

Silmy juga mengatakan jika pihaknya di Direktorat Jenderal Imigrasi berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem pelayanan keimigrasian secara online sebagai bentuk komitmen mereka dalam mendigitalisasi layanan dan merespons kebutuhan masyarakat secara efektif.

“Tim kami terus melakukan studi, observasi dan evaluasi terhadap perkembangan kebutuhan masyarakat agar bisa mempersembahkan yang terbaik,” pungkasnya. *ris

Komentar