nusabali

Hormati Jasa Pahlawan, Kemenag Tabanan Gelar Bhakti Sosial

  • www.nusabali.com-hormati-jasa-pahlawan-kemenag-tabanan-gelar-bhakti-sosial

TABANAN, NusaBali - Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan menggelar kerja bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, Kamis (28/12).

Kegiatan tersebut bagian dari upaya menghormati jasa pahlawan, dan sebagai serangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-78.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Putu Arsana, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rentetan kegiatan HAB Kemenag RI khususnya di Kabupaten Tabanan.

Kerja bakti ini juga sebagai langkah menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan negara ini.

Selain melaksanakan doa bersama, ada juga pentas seni lintas agama. Kegiatan tersebut juga sangat penting dilaksanakan. ‘’Salah satunya sebagai pengamalan Tri Hita Karana, mulai dari menjaga hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama, dan hubungan yang baik dengan lingkungan,” jelasnya.

Kegiatan kerja bakti di TMP Pancaka Tirta tersebut diikuti oleh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan. Mereka dari kalangan guru agama, hingga  anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kabupaten Tabanan.

Menurutnya, pelibatan seluruh anggota keluarga besar Kemenag Tabanan karena sebagai langkah memupuk rasa kebersamaan dan kerukunan yang telah terjalin. “Kegiatan HAB ini juga sebagai salah satu bentuk memupuk rasa kebersamaan,” imbuh Ida Bagus Arsana.

Setelah dilaksanakan kerja bakti, kegiatan selanjutnya dilakukan gladi ziarah dan tabur bunga di lokasi tersebut. Ziarah pun dilaksanakan di TMP Pancaka Tirta Tabanan sehari sebelum puncak HAB pada tanggal 2 Januari 2023.

Ida Bagus Arsana menambahkan rangkaian kegiatan tersebut juga mengandung makna perenungan akan jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang kita di masa lalu. "Sekaligus memanjatkan doa untuk kita semua agar usaha dan pekerjaan kita senantiasa diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa," katanya.7des

Komentar