nusabali

PBSI Usulkan TC ke Luar Daerah

  • www.nusabali.com-pbsi-usulkan-tc-ke-luar-daerah

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Bali mengusulkan pemusatan latihan untuk atlet bulutangkis yang lolos PON XXI/2024 ke luar daerah. Langkah itu untuk memaksimalkan potensi para atlet dalam berlatih, sehingga mampu meraih hasil maksimal dalam PON di Aceh dan Sumatera Utara itu.

Ketua Umum Pengprov PBSI Bali, I Wayan Winurjaya mengatakan, rencana training center (TC) atau pemusatan latihan ke luar daerah itu bagian dari pembinaan para atlet bulutangkis yang lolos PON 2024. Menurut dia, TC di Bali cenderung tidak maksimal karena disebabkan berbagai faktor.  Karena itu, Winurjaya menegaskan perlu para atlet dikirim ke luar daerah, khususnya ke Jawa. 

"Memang untuk pemusatan yang kita harapkan itu di Jawa. Karena atlet kita benar-benar fokus dalam berlatih," kata Winurjaya, Rabu (27/12).

Winurjaya tidak memungkiri di Jawa, para atlet itu ditempa dan menjalani latihan 12 kali sepekan. Namun di Bali sendir, baru hanya separuh atau enam kali sepekan. Melihat volume latihan yang kurang optimal itu, Pengprov PBSI harus mengambil langkah terbaik dalam membenahi atlet agar meraih prestasi di PON nanti. 

"Kadang kalau latihan di Bali kan tunggu pulang sekolah, sore-sore. Tapi kalau di Jawa, itu sudah mulai dari pagi sampai sore. Nah ini yang kita harapkan pemusatan latihan di luar daerah," harap Winurjaya

Untuk pemusatan latihan itu sendiri, Winurjaya mengaku setidaknya para atlet yang lolos PON itu sudah mulai melakukan pemusatan kurang lebih selama enam bulan sebelum kegiatan. Sehingga, sesuai agenda PBSI, pemusatan latihan itu dapat diagendakan mulai Februari 2024 mendatang. Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KONI Bali terkait rencana itu. 

"Kita sudah mulai komunikasikan rencana itu. Ya semoga KONI Bali juga melihat dan mempertimbangkan rencana pemusatan latihan tersebut," ungkap Winurjaya lagi.

Dikoordinasikan dengan KONI Bali itu dianggap penting karena hal tersebut berkaitan dengan pendanaan selama proses berlangsung. Karena ketika PBSI yang melakukan, tentu ada keterbatasan dalam pendanaan. Dia berharap, pelatihan ke luar daerah itu bisa terealisasi.

"Untuk atlet yang lolos PON 2024 ini ada tiga orang. Pertama itu Ni Kadek Dinda Amartya Pratiwi, Ni Putu Wahyu Arisanti dan Linda Angelina. Ya, harapannya mereka semua bisa berlatih di luar daerah sebelum turun dalam PON mendatang," Wayan Winurjaya. dar

Komentar