nusabali

Target 16 Besar Dinilai Realistis

ADO Den Haag Lepas Rafael Struick ke Timnas

  • www.nusabali.com-target-16-besar-dinilai-realistis

JAKARTA, NusaBali - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali menilai lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 menjadi target yang cukup realistis.

Demikian disampaikan Zainudin Amali saat mengunjungi pemusatan latihan (TC) timnas Garuda di Antalya, Turki, Selasa (26/12).

"Tentu sebagaimana yang disampaikan coach Shin Tae-yong, dia menargetkan kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis," kata Zainudin Amali, dari keterangan resmi PSSI.

Sebelumnya, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mematok target timnas Garuda lolos ke 16 besar. Amali mengatakan PSSI mendorong Shin Tae-yong mewujudkan target tersebut.

Amali menambahkan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu berdiskusi dengan Shin Tae-yong tentang perkembangan dari para pemain. Saat ini, Asnawi Mangkualam Bahar dkk sedang digembleng dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki.

"Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri," kata Zainudin Amali.

Timnas Indonesia menjalani TC sampai 6 Januari 2024. Selain berlatih, skuad Garuda juga bakal beruji coba dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari. Setelah itu, persiapan dilanjutkan di Qatar. Dan, sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari 2024, Indonesia akan menantang Iran dalam laga persahabatan pada 9 Januari.

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D dan akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Vietnam. 

Sementara itu, klub Belanda, ADO Den Haag resmi melepas Rafael Struick ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. ADO Den Haag memberikan dukungan spesial agar sang pemain dan Tim Garuda meraih kesuksesan.

Rafael Struick masuk daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk proyeksi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain 20 tahun itu resmi dilepas setelah ADO Den Haag menyelesaikan laga terakhir pada 2023.

Saat itu Ado Den Haag mengalahkan Jong AZ dengan skor 2-1 pada Sabtu (23/12). Namun saat itu, pelatih Darije Kalezic tidak memainkan Rafael Struick. Klub merilis, Rafael Struick masuk dalam seleksi terakhir Timnas Indonesia untuk Piala Asia di Qatar mulai 12 Januari. 

Namun, Rafael Struick terlihat belum bergabung dengan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut. Selain Struick, sejumlah pemain abroad semisal Sandy Walsh, Justin Hubner, hingga  Elkan Baggott juga belum gabung. ant

Komentar