nusabali

Gangguan Air di 4 Wilayah Denpasar, Perumda Tirta Sewakadarma Lakukan Pengerukan Sedimen

  • www.nusabali.com-gangguan-air-di-4-wilayah-denpasar-perumda-tirta-sewakadarma-lakukan-pengerukan-sedimen

DENPASAR, NusaBali.com - Sedikitnya 4 wilayah di Kota Denpasar, diperkirakan akan mengalami gangguan pengaliran air selama dua hari, 26-27 Desember 2023.

Gangguan pengaliran air tersebut disebabkan oleh adanya pelaksanaan pengerukan sedimen di intake SPAM Penet, Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung.

Anak Agung Gede Dalem Ekawijaya, Kasubag Humas Perumda Air Tirta Sewakadarma, menjelaskan bahwa pengerukan sedimen tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pasokan air dan menghindari kerusakan mesin.

"Kegiatan pengerukan sedimen depan pintu intake SPAM Penet bertujuan untuk membuat jalur air baku ke intake SPAM Penet lebih besar, sehingga produksi tidak terganggu seandainya air kecil," kata Eka, Selasa (26/12/2023).

Selain itu, pengerukan sedimen juga diperlukan untuk menghindari kerusakan mesin pompa. Menurut Eka, penumpukan sedimen di pintu masuk intake dapat menyebabkan sedimen tersebut masuk ke dalam saluran intake. Hal ini dapat merusak mesin pompa jika dipaksakan untuk tetap produksi.

"Oleh karena itu, kami bersama OP BWS Bali-Penida kemudian mengambil sebuah langkah solutif, dengan cara mengeruk sedimen yang ada di pintu masuk dan juga saluran dalam intake tersebut," jelas Eka.

Berikut adalah 4 wilayah di Kota Denpasar yang mengalami gangguan pengaliran air:
- Desa Padang Sambian Kelod
- Desa Tegal Kerta
- Desa Tegal Harum
- Kelurahan Padang Sambian

Perumda Air Tirta Sewakadarma mengimbau kepada para pelanggan di wilayah yang terdampak untuk dapat memahami situasi tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar gangguan pengaliran air dapat segera teratasi," kata Eka. *ol4

Komentar