nusabali

290 Pengunjung Denfest Manfaatkan Layanan Disdukcapil

  • www.nusabali.com-290-pengunjung-denfest-manfaatkan-layanan-disdukcapil

DENPASAR, NusaBali - Ratusan pengunjung Denpasar Festival (Denfest) ke-16 antusias memanfaatkan pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar.

Hingga pelaksanaan hari ketiga, Minggu (24/12), sebanyak 290 orang tercatat memanfaatkan layanan yang ada di Information Centre yang dibuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Denpasar.

Kadisdukcapil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artabrata di sela-sela pelaksanaan kegiatan menjelaskan, Disdukcapil Kota Denpasar terus gencar memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Sehingga seluruh masyarakat Kota Denpasar dapat memiliki administrasi kependudukan secara lengkap.

Dijelaskannya, Disdukcapil telah menerapkan inovasi jemput bola pelayanan langsung jadi atau JB Pelangi. Untuk memaksimalkan hal tersebut, kali ini pelayanan menyasar pengunjung Denfest ke-16 yang berlangsung di kawasan Patung Catur Muka Denpasar. Sehingga diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

Adapun jumlah yang memanfaatkan layanan di stand information centre tersebut yakni sebanyak 290 orang yang khusus melakukan perekaman, pencetakan e-KTP hingga aktivasi identifikasi kependudukan digital (IKD). Dari jumlah tersebut sebanyak 36 orang memanfaatkan pelayanan perekaman e-KTP, sebanyak 135 orang memanfaatkan pelayanan pencetakan e-KTP, dan sebanyak 292 orang memanfaatkan pelayanan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD).

“Kami melaksanakan JB Pelangi, dan kali ini menyasar pengunjung Denfest yang sudah berusia di atas 16 tahun. Ini juga guna mendekatkan pelayanan bagi masyarakat, dan antusiasme masyarakat juga cukup tinggi untuk memanfaatkan pelayanan ini, terutama untuk aktivasi IKD,” ujar Dewa Juli.

Dikatakan, untuk mendapatkan pelayanan di Denfest, masyarakat tidak perlu repot-repot. Masyarakat cukup membawa fotokopi kartu keluarga (KK) untuk proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik, dan menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK), nomor HP, dan e-mail aktif untuk aktivasi IKD.

Dewa Juli mengingatkan pentingnya e-KTP dan IKD bagi setiap warga. Hal ini lantaran e-KTP merupakan identitas yang paling mendasar dalam berbagai urusan. Sehingga diharapkan masyarakat dapat melengkapi diri dengan e-KTP dan segera mengantifkan IKD sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Sebelumnya diberitakan, Diskominfo Kota Denpasar membuka Information Centre di Denfest ke-16 kawasan Catur Muka. Information Centre tersebut melibatkan tiga lembaga untuk memberikan layanan ke pengunjung Denpasar Festival. Ketiga lembaga tersebut yakni Diskominfo dengan Radio Publik Kota Denpasar (RPKD) yang melakukan siaran di lokasi Denfest, Bali Tourist Information Centre yang melayani informasi terkait Denfest baik itu kehilangan maupun hal yang urgent untuk diumumkan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar yang menyediakan layanan perekaman e-KTP maupun aktivasi identitas kependudukan digital (IKD).

Kepala Diskominfo Kota Denpasar Ida Bagus Alit Adhi Merta mengemukakan, information centre ini untuk memberikan layanan khusus di Denfest. Dengan adanya RPKD di Denfest ke-16 ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi langsung melalui siaran dari radio yang bisa didengar dan dilihat secara langsung oleh masyarakat.

Selain itu, kata Bagus Alit, kolaborasi juga dilakukan dengan menggandeng Disdukcapil untuk layanan perekaman e-KTP maupun aktivasi IKD yang sekarang masih gencar dilakukan. Kolaborasi ini dilakukan agar layanan bagi masyarakat bisa dipermudah. 7 mis

Komentar