nusabali

124.991 Anak di Denpasar Sudah Kantongi KIA

Bisa Dapat Diskon Bimbel hingga Belanja

  • www.nusabali.com-124991-anak-di-denpasar-sudah-kantongi-kia

DENPASAR, NusaBali - Sejak diberlakukannya kartu identitas anak (KIA) di Kota Denpasar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar sudah menerbitkan sebanyak 124.991 kartu. Selain sebagai identitas, KIA juga sudah bisa digunakan untuk mendapatkan diskon belanja hingga bimbingan belajar (bimbel).

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Denpasar Ni Putu Puji Astuti, Selasa (19/3). Menurutnya, capaian pencetakan KIA saat ini di Pemkot Denpasar sudah melebihi target. Dari awal pencetakan sampai saat ini ditarget 60 persen. Namun, capaian Disdukcapil sudah 78,20 persen atau 124.991 anak.

KIA yang diterbitkan Disdukcapil tidak semata-mata hanya sebagai kartu identitas anak. Pemegang KIA akan dapat kemudahan di setiap aktivitas mereka. Seperti saat ini, Puji Astuti mengatakan sudah bekerja sama dengan perusahaan seperti bimbel dan baby shop untuk memberikan diskon kepada anak yang sudah memiliki KIA.

Diskon yang diberikan minimal 10 persen sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

“Kami baru bekerjasama dengan bimbel dan baby shop. Setiap berbelanja bagi anak yang sudah memiliki KIA mendapatkan diskon sesuai kebijaksanaan perusahaan. Umumnya besar diskon 10 persen,” ucap Puji Astuti.

Dikatakannya, nantinya proses kerja sama ini akan berlanjut ke perusahaan lainnya yang masih mereka jajaki untuk bisa memberikan diskon kepada pemegang KIA. “Ini kerjasamanya bukan tahunan ya, ini berkelanjutan kerja sama pemberian diskon ini tidak terpaut waktu,” jelas Puji Astuti.

Sementara saat ini stok blangko masih cukup untuk memenuhi permintaan KIA di 2024. Stok blangko yang masih tersisa sebanyak 3.139 keping. “Masih cukup untuk banyak stok blangko KIA. Jadi, bagi yang anaknya belum memiliki KIA bisa langsung mendaftar ke Disdukcapil,” tandasnya. 7 mis

Komentar