nusabali

Karangasem Gagal Rekrut 57 Guru PPPK

  • www.nusabali.com-karangasem-gagal-rekrut-57-guru-pppk

AMLAPURA, NusaBali - Panitia seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Karangasem gagal merekrut 57 guru PPPK, termasuk tujuh formasi dari untuk jatah disabilitas. Dari 727 formasi yang tersedia, Karangasem hanya mampu mengisi 670 formasi. Karena masih kekurangan pelamar pada sejumlah formasi.

"Dari 57 formasi yang belum bisa kami isi, termasuk 7 formasi untuk disabilitas," jelas Sekdakab yang juga Ketua Pansel  I Ketut Sedana Merta, di Amlapura, Senin (25/12).

Kata dia, pansel telah optimal menyosialisasikan agar seluruh formasi ada pelamar. Namun, kenyataan banyak formasi tanpa pelamar hingga kuota belum terisi lengkap.

Misalnya, lanjut Sedana Merta, dibuka 15 formasi dari unsur disabilitas. Namun, hanya bisa menghadirkan delapan pelamar untuk delapan formasi. Kedelapan formasi disabilitas yang terisi semuanya dari pelamar umum. Mereka yakni guru Agama Hindu atas nama I Wayan Bali Arta dengan skor 570, guru IPA atas nama Annafiannisa skor 640, guru IPS Iin Driani skor 629, guru kelas 4 pelamar I Gede Suarnata skor 602, Patliana skor 631, Fikri Haikal skor 631, dan Titik Hariana skor 631, serta guru seni budaya atas nama I Ketut Sudirgo skor 501.

Sedangkan tujuh formasi tanpa pelamar, yakni guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling, guru Matematika, guru PPKN, guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), serta guru prakarya dan kewirausahaan.

Sekda I Ketut Sedana Merta telah mengumumkan hasil tes tenaga PPPK guru berdasarkan Surat Keputusan Nomor 800/3734/BKPSDM/Setda, per 22 Desember 2023.  "Karena sebanyak itu yang melamar, sebanyak itu pula yang memanfaatkan formasi yang kami buka," katanya.

Khusus untuk tenaga dari unsur disabilitas, jelas Sedana Merta, sejak lama mengalami kesulitan pelamar, terutama saat merekrut tenaga CPNS. Kesulitan ada pelamar sesuai formasi karena pelamar wajib memiliki kompetensi sesuai bidang.

Sebelumnya, untuk tenaga kesehatan, Karangasem juga gagal merekrut 97 tenaga PPPK dari 503 jatah. Karena pelamar yang lulus 406 pelamar. Pelamar terbanyak pada formasi PPPK guru, yakni guru kelas 549 pelamar dari formasi 359 jatah, disusul formasi guru Agama Hindu 133 pelamar, namun yang lulus 44 pelamar. Formasi Penjaskes 86 pelamar, namun yang lulus 83 pelamar dari 103 formasi.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sutrisna sejak awal berharap agar mampu mengisi seluruh formasi. Kata dia, 727 formasi itu dibagi dua, yakni formasi untuk tenaga kontrak 512 jatah dan formasi pelamar umum 215 jatah.

"Awalnya saya berharap dari pelamar disabilitas terpenuhi sesuai formasi yang tersedia. Kenyataannya hanya mampu merekrut 8 pelamar dari 15 formasi yang ada," jelasnya. Pelamar yang telah dinyatakan lulus kata dia, nantinya diusulkan pemberkasan NIP-nya Maret 2024, perkiraan Mei 2024 mulai bertugas.7k16

Komentar