nusabali

Atap Piyasan Pura Pucak Jati Terbakar

  • www.nusabali.com-atap-piyasan-pura-pucak-jati-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali - Piyyasan Pura Pucak Jati di Dusun Tengah, Desa Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung terbakar, Senin (25/12) siang. Diduga kebakaran ini disebabkan sambaran petir. Saat kejadian turun hujan disertai petir. Satpol PP dan Damkar Kabupaten Klungkung kirim 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk padamkan api. Akibat kejadian ini, kerugian material ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Informasi di lapangan, kebakaran diketahui pertama kali oleh I Wayan Widiastika, 39. Saat itu Widiastika sedang mencari rumput di sawah dan melihat kepulan asap dari Pura Pucak Jati. Saksi menyampaikan kejadian ini kepada pemangku pura. Mereka kemudian masuk ke pura dan mendapati atap piyasan yang terbuat dari ijuk terbakar. Mereka minta bantuan kepada masyarakat untuk padamkan api. Warga juga menghubungi petugas Damkar Klungkung. Akibat medan jalan menuju Pura Pucak Jati licin dan sempit mengakibatkan Damkar kesulitan menuju lokasi. 

Kebakaran diduga akibat sambaran petir pada dahan pohon yang tepat ada di atas piyasan. Percikan api jatuh dan mengenai atap bangunan yang terbuat dari ijuk sehingga api dengan cepat membesar. Pada saat kejadian turun hujan lebat. Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung Dewa Putu Suarbawa mengatakan, setelah menerima laporan, mengerahkan 3 unit Damkar ke lokasi untuk memadamkan api. “Sekitar pukul 15.50 WITA api dapat dipadamkan. Dilanjutkan pembersihan sisa-sisa kebakaran piyasan,” ujar Dewa Suarbawa. 7 wan

Komentar