nusabali

Para Pelajar Denpasar Antusias Ikuti Pemilu Expo 2024

  • www.nusabali.com-para-pelajar-denpasar-antusias-ikuti-pemilu-expo-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Para pelajar dari berbagai sekolah di wilayah Kota Denpasar, antusias mengikuti kegiatan Pemilu Expo 2024 yang digelar di Lapangan Niti Mandala Renon, Minggu (24/12/2023).

Kegiatan ini digelar oleh KPU Provinsi Bali untuk mensosialisasikan gelaran Pemilu 2024 kepada para pemilih pemula.

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar disuguhkan dengan berbagai macam informasi dan materi terkait Pemilu 2024, mulai dari tata cara pencoblosan, visi-misi calon presiden dan wakil presiden, hingga peraturan-peraturan yang berlaku.

Ratu Bilqissyah Putri (17), Ni Putu Desi Natalia (17), dan Putu Eka Adiantara (17), merupakan beberapa pelajar yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Ketiga pelajar yang adalah perwakilan dari SMK Wira Bhakti Denpasar ini mengaku sangat tertarik dengan kegiatan tersebut. Mereka menilai, visi-misi yang dipaparkan masing-masing Tim Pemenang punya perbedaan satu sama lain.

“Visi-misi yang disampaikan oleh masing-masing calon sangat menarik. Jadi, kita bisa membandingkan dan memilih calon yang paling cocok dengan harapan kita,” kata Putri.

Putri pun merasa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru tentang Pemilu 2024.

"Kegiatan ini sangat bagus, karena bisa memberi informasi yang lengkap tentang Pemilu 2024. Saya jadi lebih mengerti tentang tata cara pencoblosan dan visi-misi para calon," kata Putri.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ni Putu Desi Natalia (17). Ia berharap, kegiatan serupa dapat digelar secara rutin, sehingga para pemilih pemula dapat lebih memahami pentingnya Pemilu dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

"Kegiatan ini sangat penting, karena bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama para pemilih pemula, tentang pentingnya Pemilu. Saya berharap, kegiatan serupa dapat digelar secara rutin," kata Desi.

Kegiatan Pemilu Expo 2024 ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam acara hiburan, seperti penampilan dari para musisi lokal Bali, seperti Leeyonk Sinatra dan Nanoe Biroe.

Sejumlah pelajar SMA berjalan di depan stan partai politik pada Pemilu Expo 2024 di Lapangan Renon Denpasar, Minggu (24/12/2023).-ANTARA

Sementara itu, I Gede John Darmawan, Anggota KPU Provinsi Bali, mengatakan bahwa kegiatan Pemilu Expo 2024 ini merupakan salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Pemilu 2024.

“Kami ingin para pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan bertanggung jawab,” kata John.

John menambahkan, KPU akan terus menggelar berbagai kegiatan sosialisasi Pemilu 2024, termasuk ke sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan untuk memastikan para pemilih pemula dapat memahami pentingnya Pemilu dan bagaimana cara memilih calon yang tepat.

“Kami ingin para pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas dan berdaulat,” kata John. “Kita akan menyasar ke sekolah-sekolah pada bulan Januari dan mendekati hari pemungutan suara, sampai tanggal 10,” terang John.

Dengan adanya sosialisasi seperti ini, para pemilih pemula diharapkan dapat memperoleh suatu referensi atau kriteria yang memadai dari setiap calon yang akan bertarung di Pilpres dan Pileg nantinya. *ol4


Komentar