nusabali

Cegah Hoaks, Polda Bali Gencarkan Patroli Siber

  • www.nusabali.com-cegah-hoaks-polda-bali-gencarkan-patroli-siber

Polda Bali akan melaksanakan penindakan (take down dan counter opini) jika ditemukan konten negatif di medsos

DENPASAR, NusaBali
Polda Bali mengantisipasi maksimal terhadap ancaman dan gangguan saat Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain mengerahkan kekuatan intelijen, Polda Bali akan memaksimalkan patroli siber di dunia maya mencegah beredarnya hoaks alias berita bohong di media sosial (medsos).

“Salah satu yang jadi atensi adalah penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat mengganggu Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Apalagi liburan akhir tahun ini juga bersamaan dengan masa kampanye Pemilu 2024,” ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan di Denpasar, Sabtu (23/12).

Dia mengatakan tim siber Polda Bali berkomitmen menjaga serta memonitoring agar tidak ada berita hoaks, SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) serta ujaran kebencian yang dapat mengganggu proses perayaan Nataru. Selain itu, kata Kombes Jansen, Polda Bali akan melaksanakan penindakan (take down dan counter opini) jika ditemukan konten negatif di medsos.

Dikatakan Kombes Jansen, sasaran utama dari patroli siber ini adalah medsos dan media online. Kata dia, personel Subsatgas Siber yang tergabung dalam Operasi Lilin Agung ini akan memantau berbagai informasi dan isu yang berkaitan dengan perayaan Nataru serta Pemilu 2024. Mereka juga mengumpulkan data dan mengolahnya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas di Pulau Dewata.

“Dengan adanya patroli ini diharapkan potensi ancaman cyber crime dapat diminimalisir, sehingga Nataru serta Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tegas mantan Kapolresta Denpasar ini.

Sementara untuk pengamanan kegiatan masyarakat saat Nataru, ribuan personel telah menempati pos-pos yang telah disediakan untuk melakukan pengamanan. Salah satu yang jadi atensi adalah kemacetan menuju tempat wisata. Untuk memastikan kesiapan personel di lapangan Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Ruminio Ardano mengecek posko malam tahun baru di Jalan Pantai Kuta, Kelurahan Kuta, Badung, Sabtu.

Kombes Ardano mengatakan posko yang didirikan digunakan untuk memudahkan memantau situasi saat malam pergantian tahun di Pantai Kuta dan sekitarnya. "Kita ketahui bersama Pantai Kuta merupakan tujuan utama dan menjadi titik kumpul wisatawan yang berlibur pada malam pergantian tahun. Jadi kita dirikan posko di sini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Kombes Ardano.pol

Komentar