nusabali

TPA Negeri Gianyar Rayakan HUT Pertama

  • www.nusabali.com-tpa-negeri-gianyar-rayakan-hut-pertama
  • www.nusabali.com-tpa-negeri-gianyar-rayakan-hut-pertama

GIANYAR, NusaBali - Bertepatan dengan Hari Ibu, Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama dengan sederhana bersama siswa, tenaga pendidik, pengasuh, dan orang tua siswa, Jumat (22/12). Acara diawali dengan persembahan senam Anak Usia Dini yang dibawakan oleh siswa TPA Negeri Gianyar. Dilanjutkan tiup lilin dan pemotongan tumpeng oleh Penjabat Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny Widiastuti Wirasa.

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Manuaba mengatakan, perayaan HUT TPA Negeri Gianyar sekaligus untuk merayakan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember. TPA negeri pertama di Bali ini terwujud berkat komitmen dan inovasi Bunda PAUD Kabupaten Gianyar untuk mendukung tumbuh kembang dan pola asuh anak serta adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gianyar.

TPA Negeri Gianyar saat ini punya 20 siswa dari daya tampung maksimal 20 siswa. Pada tahun ajaran 2022/2023 sudah menamatkan 6 orang anak. Didukung 9 orang pegawai yakni tenaga kependidikan sebanyak 4 orang, tenaga pengasuh sebanyak 4 orang, dan pengelola sebanyak 1 orang. Pada tahun ajaran baru 2024/2025 nanti terdapat 20 orang daftar antrean yang ingin mendapatkan layanan di TPA Negeri Gianyar. “TPA Negeri Gianyar memang sangat dibutuhkan dan membantu masyarakat khususnya yang memiliki anak usia dini,” ucap Ngakan Manuaba.

TPA Negeri Gianyar juga sudah menjadi lokus studi tiru bagi daerah lain di seluruh Indonesia yang ingin mengadaptasi dan mengadopsi penyelenggaraan PAUD khususnya di satuan TPA. Penjabat Bunda PAUD Kabupaten Gianyar Ny Widiastuti Wirasa mengaku bangga dan kagum dengan Pemkab Gianyar dengan mendirikan TPA Negeri Gianyar sebagai TPA negeri satu-satunya di Bali. “Hal ini tidak lepas dari inovasi Bunda PAUD periode 2018 sampai 2023,” ujar Ny Widiastuti Wirasa. Pj Bunda PAUD berpesan kepada tenaga pendidik, pengasuh, maupun Dinas Pendidikan untuk bersama-sama terus berkomitmen meningkatkan layanan TPA secara holistik integratif. “Ayo kita bersama-sama tingkatkan yang menjadi harapan beliau, karena bisa mendirikan TPA itu sangatlah spesial. Kalau Bunda PAUD yang dulu tidak memiliki inovasi yang bagus mungkin TPA tidak akan terbentuk,” kata istri Penjabat Bupati Gianyar ini. 

“Kepada ibu-ibu dan orang tua, saya minta partisipasi untuk menjaga anak-anak kita, generasi penerus kita. Karena di masa yang akan datang mereka merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan bangsa dan negara kita,” ungkap Ny Widiastuti Wirasa. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah lomba mewarnai, pemberian bingkisan dari Bunda PAUD kepada anak-anak TPA Negeri serta tukar kado guna lebih merekatkan kebersamaan memeriahkan acara. 7 nvi

Komentar