nusabali

Nataru, Bandara Ngurah Rai Terima 605 Extra Flight

  • www.nusabali.com-nataru-bandara-ngurah-rai-terima-605-extra-flight

MANGUPURA, NusaBali - Menyongsong liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung telah menerima sebanyak 605 permohonan slot penerbangan tambahan (extra flight) untuk periode 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

General Manager Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengatakan dari total slot penerbangan tambahan yang diajukan, tersedia sebanyak 110.294 kursi yang terdiri dari 302 slot penerbangan kedatangan dan 303 slot penerbangan keberangkatan. Menurut Handy, pengajuan ini mencerminkan besarnya minat dan permintaan akan layanan penerbangan di musim libur ini. “Kami mengakumulasi 605 extra flight untuk mengakomodasi lonjakan jumlah penumpang yang diperkirakan akan terjadi menjelang dan selama musim libur Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya, Jumat (22/12).

Handy menjelaskan bahwa pengajuan ini mencakup day of operation atau jumlah hari beroperasi yang diajukan, sehingga terlihat cukup banyak pengajuannya. Sebanyak sembilan maskapai domestik mengajukan slot tambahan dengan destinasi utama seperti Jakarta, Surabaya, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Wakatobi Maranggo, Tambolaka, Solo, Jogjakarta, dan Banjarmasin. Sementara itu, satu maskapai internasional mengajukan slot tambahan dengan destinasi Singapura.

Sementara, data dari Posko Nataru 2023/2024 mencatat bahwa pergerakan pesawat dari 19 Desember 2023 hingga 21 Desember 2023 mencapai 1.196 pesawat, meningkat sebanyak 10,03 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, jumlah penumpang mencapai 188.552, meningkat sebanyak 14.89 persen dari tahun sebelumnya. “Top traffic by route menunjukkan bahwa penerbangan ke Jakarta mendominasi dengan 15.429 penumpang, diikuti oleh Singapura dengan 7.313 penumpang, dan Surabaya dengan 5.025 penumpang,” rincinya. Pihaknya juga telah memperkirakan jika puncak pergerakan penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (22/12) dengan jumlah 72.754 penumpang dan 408 pergerakan pesawat. 

Sementara puncak jumlah penumpang pada periode tahun baru diperkirakan terjadi pada Selasa (2/1/2024) dengan jumlah 69.237 penumpang dan 392 pergerakan pesawat. Handy menambahkan bahwa di awal pelaksanaan Posko Nataru, diperkirakan akan didominasi oleh penumpang kedatangan, baik domestik maupun internasional. Hal ini diatributkan pada dimulainya libur anak sekolah, yang mungkin menyebabkan sebagian orang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal.

“Ini merupakan siklus tahunan yang kita lihat pada setiap pelaksanaan di awal Posko jumlah penumpang kedatangan lebih dominan. Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal,” pungkasnya. 

Sebelumnya Handy Heryudhitiawan mengatakan kesiapan bandara dalam melayani lonjakan penumpang selama periode (Nataru). Handy mengumumkan bahwa Posko Nataru di Bandara Ngurah Rai telah resmi beroperasi mulai tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 selama 16 hari.

“Pada tahun ini, kami mencatat peningkatan trafik penumpang yang semakin baik dibanding kinerja tahun sebelumnya. Sehingga pada periode Nataru ini, kami memprediksikan akan terjadi lonjakan jumlah penumpang, yang juga menandakan pemulihan kinerja operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” ujar Handy. Lanjut Handy, selama 16 hari berjalannya Posko Nataru pihak pengelola bandara memperkirakan akan melayani sekitar 1.089.048 penumpang, menandai peningkatan sebesar 20 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 909.143 penumpang. 

“Data yang kami himpun menunjukkan bahwa rute tujuan Bali melalui Bandara Soekarno Hatta merupakan destinasi domestik utama dengan sekitar 65.000 tiket penerbangan terjual. Kami mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, terlebih di masa ini bertepatan dengan masa libur sekolah dan cuti bersama,” tambahnya.

Dalam menjawab pertanyaan terkait situasi penumpang saat ini, Handy menjelaskan bahwa telah terjadi kenaikan jumlah penumpang harian yang dilayani. Sejak Januari hingga November, rata-rata harian mencapai 58.000 penumpang dan pada Desember ini, jumlahnya mencapai 60.000 penumpang, menunjukkan kenaikan sebesar 3,4 persen menjelang libur Nataru. Untuk pergerakan pesawat udara, diperkirakan akan meningkat sebesar 43 persen dari 6.079 pergerakan pesawat udara pada periode Nataru 2022 menjadi 8.674 pergerakan pesawat udara pada periode Nataru 2023. Bandara Ngurah Rai melayani 18 rute domestik berjadwal yang dilayani oleh 11 maskapai dan 29 rute internasional berjadwal yang dilayani oleh 34 maskapai.

“Kami telah menyiapkan 1.367 personel petugas bandara untuk menangani Posko Nataru. Selain Posko Terpadu di terminal domestik dan internasional, Posko Keamanan di area pintu masuk kendaraan juga akan melibatkan institusi TNI Polri,” pungkasnya. 7 ol3

Komentar