nusabali

1.085 Warga Miskin Terima BLT El Nino

  • www.nusabali.com-1085-warga-miskin-terima-blt-el-nino
  • www.nusabali.com-1085-warga-miskin-terima-blt-el-nino

AMLAPURA, NusaBali - 1.085 warga dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Karangasem menerima bantuan langsung tunai (BLT) el nino. BLT untuk warga di Kecamatan Karangasem dicairkan di Kantor PT Pos Cabang Amlapura, Jalan Gatot Subroto, Amlapura, Kamis (21/12).

Tiap warga menerima BLT Rp 400.000. Bantuan ini untuk dua bulan, November dan Desember 2023 atau per bulan Rp 200.000. Brand Manager PT Pos Cabang Amlapura I Wayan Suyasa Mika mengatakan syarat warga yang menerima BLT el nino yakni wajib membawa surat panggilan dan membawa KTP elektronik.

Setiba di Kantor PT Pos Cabang Amlapura, warga menyetorkan surat tersebut kepada Suyasa Mika, lanjut diserahkan ke petugas lain. Syarat itu dicocokkan dengan daftar penerima bantuan. Kata Suyasa Mika, belum mengetahui, apakah bantuan BLT el nino ada kelanjutannya karena belum ada pemberitahuan. Setelah petugas menyatakan cocok antara identitas pada surat panggilan dengan di KTP, maka bantuan diserahkan. Selanjutnya, petugas memotret setiap warga yang menerima bantuan satu persatu, sebagai bahan laporan secara online ke Kementerian Sosial.

"Penerima bantuan BLT el nino, boleh diwakilkan oleh anggota keluarganya yang tercantum dalam satu kartu KK. Tetapi, tidak boleh diwakilkan oleh orang di luar anggota keluarga bersangkutan," jelasnya.

Suyasa Mika menambahan, 1.085 warga menerima bantuan BLT el nino itu dengan nominal Rp 434 juta. Pembagian BLT hari pertama, Kamis (21/12) untuk 899 warga. Mereka dari Desa Pertima 153 warga, Kelurahan Karangasem 116 warga, Desa Seraya Timur 278b warga, Desa Bukit 42 warga, Desa Tumbu 243 warga, Desa Bugbug 10 warga, Desa Seraya Tengah 26 warga, Desa Seraya Barat 13 warga, dan Kelurahan Padangkerta 18 warga.


Sedangkan pembagian bantuan hari kedua, Jumat (22/12), untuk warga dari Kelurahan Subagan 22 warga dan Desa Tegallinggah 164 warga.

Warga Ni Wayan Muliani dari Banjar Kangin, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem dan Ni Kadek Sukerti dari Banjar Ujung Tengah, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem mengapresiasi bantuan BLT pada akhir tahun ini. "Bantuan ini sangat berguna untuk keperluan membelikan anak sekolah saya sepatu," jelas Muliani.

Warga Ni Nengah Sari dari Banjar Ujung Tengah, Desa Tumbu juga mensyukuri dapat bantuan. "Sebelumnya pernah beberapa kali dapat bantuan serupa," katanya.

Penyerahan bantuan BLT el nino juga berlangsung di kantor pos di tujuh kecamatan se-Karangasem. Brand Manager Kantor PT Pos Cabang Desa Padangbai Ni Ketut Seriyani, juga mengaku menyalurkan bantuan BLT el nino. "Hanya saja, jumlah warga penerima bantuan, masih terus diperbaharui," katanya.7k16

Komentar