nusabali

Populasi Rusa di Undisan Kaja Meningkat

  • www.nusabali.com-populasi-rusa-di-undisan-kaja-meningkat

BANGLI, NusaBali - Keberadaan rusa di Banjar Undisan Kaja, Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli, semakin bertambah. Awalnya, binatang ini hanya ada dua ekor.

Warga Undisan Kaja Wayan Muliana mengatakan awal hanya dua ekor rusa. Rusa tiba-tiba muncul di Undisan Kaja. Rusa tersebut mencari makanan di lahan tegalan warga. Jika malam hari binatang tersebut menetap di kadang sapi milik warga. “Selain makan rumput liar,  binatang tersebut makan rumput pakan sapi. Selain itu memakan umbi-umbian yang ditanam warga,” ungkapnya, Kamis (21/12).

Karena tergolong binatang yang dilindungi, maka masyarakat menjaga keberadaan rusa ini. Sebagai bentuk keseriusan, warga bermusyawarah hingga dibuatkan pararem perlindungan binatang ini.

Dalam pararem tersebut diatur tidak diperbolehkan melakukan perburuan. Warga juga diminta untuk ikut serta berpartisipasi menjaga keberadaan rusa tersebut.

"Dalam pararem memang tidak diatur terkait sanksi. Namun pararem ini tetap ditaati. Selain itu warga dari luar juga dilarang melakukan perburuan,” tegasnya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah populasi rusa terus meningkat. Dari kasat mata jumlah populasi rusa kini sekitar 15 ekor. Rusa tersebut tergolong jinak, bahkan hingga masuk ke pekarangan warga. "Peningkatan jumlah populasi rusa, kemungkinan terjadi migrasi rusa dari habitat aslinya di seputaran kawasan hutan Desa Suter ke sini (Undisan Kaja)," sambungnya.

Kata Wayan Muliawan, jika populasi rusa meningkat, nantinya keberadaan binatang ini dijadikan daya tarik wisata desa.7esa

Komentar