nusabali

ST Widya Bhakti Banjar Pegok Siapkan Ogoh-Ogoh Ramah Lingkungan

  • www.nusabali.com-st-widya-bhakti-banjar-pegok-siapkan-ogoh-ogoh-ramah-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com - Ogoh-ogoh merupakan salah satu tradisi yang wajib ada dalam perayaan Hari Raya Nyepi di Bali. Ogoh-ogoh biasanya berbentuk raksasa atau makhluk mitologi yang melambangkan sifat-sifat buruk manusia.

Salah satu kelompok yang tengah mempersiapkan ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 pada bulan Maret 2024 adalah ST Widya Bhakti Banjar Pegok, Denpasar Selatan. 

Kelompok ini memulai pengerjaan ogoh-ogohnya pada tanggal 12 November 2023 berdasarkan hari baik. 

"Proses ogoh-ogoh ini memasuki tahapan 10% pengerjaan. Kami bersama rekan-rekan mulai mengerjakan dari pukul 17.00 Wita hingga tengah malam. Tergantung situasi dan kondisi," ujar I Made Purnama Jaya (Pecol), anggota ST Widya Bhakti, saat ditemui NusaBali di Banjar Pegok, Denpasar Selatan, Rabu (13/12/2023) malam.

Untuk anggaran, Pecol belum dapat memastikannya. Biaya awal yang dikeluarkan baru sebesar Rp15 juta. Pecol menjelaskan, ST Widya Bhakti menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. "Kami selalu berusaha mengikuti aturan-aturan dalam mengikuti lomba, seperti penggunaan bahan ramah lingkungan," ujar Pecol.

Ia pun berharap pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak menghalangi kreativitas pemuda. Bahkan ia mendorong agar lomba tetap dilaksanakan sebagaimana tahun sebelumnya. *m03

Komentar