nusabali

Pemkab Klungkung Gelar Upacara Bela Negara

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-gelar-upacara-bela-negara

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, (19/12).

Tema upacara ‘Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju.” Peserta upacara yakni Panglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Wakil Ketua DPRD Tjokorda Gede Agung, anggota DPRD Klungkung, Kepala OPD, dan undangan lainnya.

Jendrika membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengatakan, tantangan ke depan semakin tidak terduga. “Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” ujar Jendrika. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI, jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” ujar Jendrika. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apa pun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara. 7 wan

Komentar