nusabali

Dinkes Gagal Rekrut 97 Tenaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-dinkes-gagal-rekrut-97-tenaga-kesehatan

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem gagal merekrut 97 tenaga kesehatan melalui pola PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Karena 97 formasi itu tanpa pelamar.

Karangasam mendapatkan jatah rekrutmen PPPK kesehatan untuk 503 orang. Namun pelamar yang lulus 406 orang. "Jadi jatah yang terisi hanya 406 orang," jelas Kepala Diskes Karangasem I Gusti Putra Pertama kepada NusaBali di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Senin (18/12).

Kata dia, tujuh dokter spesialis yang sedianya ditempatkan di RS Pratama, di Banjar Labuhan Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, ternyata tidak satu pun ada pelamar. Testing untuk lamaran ini pada 20 - 21 November 2023.

Dari tujhuh formasi yang dibuka, katanya, masing-masing lowongan untuk, dua dokter spesialis anak, dua dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG). Ruang lingkup kerja dokter ini yakni menjaga kesehatan organ reproduksi, mendeteksi gangguan pada organ reproduksi wanita, operasi panggul dan menangani penyakit pada organ reproduksi, atau lebih lazim disebut dokter kandungan.

Diskes Karangasem juga memerlukan dua dokter spesialis bedah dan satu dokter spesialis internis. Internis ini bertugas menangani penyakit alergi imunologi, gastroenterohepatologi (gangguan pencernaan), geriatrik (penyakit penunaan), ginjal hipertensi menangani penyakit ginjal dan hipertensi, infeksi saluran kemih, batu ginjal, gagal ginjal akut, dan lain-lain.

Selain itu, 10 formasi untuk tenaga sanitasi lingkungan tanpa pelamar. Sedianya tenaga ini ditempatkan di RS Pratama, Dinas Kesehatan Karangasem, Puskesmas Sidemen, Puskesmas Abang II dan Puskesmas Selat, dan Puskesmas Manggis II.

Tenaga lab juga tanpa pelamar. Empat formasi untuk tenaga apoteker juga tanpa pelamar. Tenaga ini sedianya ditugaskan di Puskesmas Kubu II, Puskesmas Manggis II, Puskesmas Sidemen, dan lain-lain.

Bagus Putra mengatakan, formasi untuk tenaga teknisi elektronomedis juga gagal merekrut, sedianya bertugas di Puskesmas Abang I satu orang, Puskesmas Rendang satu orang, RS Pratama Kecamatan Kubu sebanyak dua orang dan RSUD Karangasem tiga orang. "Kami juga gagal merekrut 3 tenaga radiografer untuk di RSUD Karangasem," tambahnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem I Komang Agus Sukasena membenarkan telah mengumumkan hasil seleksi PPPK tenaga kesehatan, per 15 Desember 2023, melalui pengumuman nomor 800/3675/BKPSDM/Setda tentang Hasil Akhir Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara PPPK Jabatan Fungsional Kesehatan di Lingkungan Pemkab Karangasem 2023. "Hanya terisi 406 jabatan, dari formasi 503 jabatan," katanya.7k16

Komentar