nusabali

Damkar di Nusa Penida Tanpa Garasi

  • www.nusabali.com-damkar-di-nusa-penida-tanpa-garasi

Jika tanpa garasi, mobil apapun tidak aman dari cucuran air hujan.

SEMARAPURA, NusaBali
Penempatan sebuah mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tanpa garasi. Mobil ini parkir di halaman Kantor Camat Nusa Penida hingga tersengat terik matahari. Jika turun hujan dan malam hari, petugas Damkar menutupi badan mobil dengan terpal. 

namun upaya itu belum maksimal terutama saat hujan deras. Badan mobil itu tetap kena air hujan.Dampaknya, mobil Damkar mengalami sedikit masalah, antara lain daya sedot air menurun. Hal itu diakui Kepala Satuan Pol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta, Senin (17/7). “Mobil Damkar ini masih bisa beroperasi, hanya kemampuannya agak menurun. Misalnya, untuk mengisi tanki diperlukan waktu 3 menit, kini jadi 5 menit,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Dinas Sosial Klungkung ini menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan untuk membuat sebuah garasi khusus Damkar dengan memanfaatkan bangunan di areal Kantor Camat Nusa Penida. “Jika tanpa garasi, mobil apapun tidak aman dari cucuran air hujan. Selain mengganggu fungsi teknis Damkar, hal itu juga mengakibatkan mobil cepat rusak,” ujarnya.

Jelas Suarta, mobil Damkar ini sangat penting seiring peningkatan kasus kebakaran di Nusa Penida. Karena itu, perlu ada tambahan sebuah mobil lagi untuk mensuplai air. ‘’Penambahan mobil ini sudah kami usulkan di APBD 2018. Kami sudah menempatkan 16 petugas Damkar di Nusa Penida,” katanya. *wa

Komentar