nusabali

Buleleng Luncurkan Ekosistem Digital

Dorong UMKM Naik Kelas

  • www.nusabali.com-buleleng-luncurkan-ekosistem-digital

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM (DisdaperikopUKM) berkolaborasi dengan Samsung Mobile dan PT Invelli Solusindo meluncurkan ekosistem digital. Peluncuran ini dilakukan di Gedung PLUT Singaraja, Kamis (14/12).

KadisdagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta mengatakan, ekosistem digital ini sangat berguna bagi tata kelola keuangan, usaha, laporan, dan pengembangan koperasi dan UMKM melalui platform digital dari Perusahaan Invelli dengan berbagai aplikasi yang diberikan.

"Aplikasi atau platform seperti Redy, Cardlez, dan Genn dari Invelli akan membantu koperasi dan UMKM di Buleleng dalam tata kelola perusahaan dan pemasaran produk secara digital yang akan terintegrasi dengan toko online atau market place yang tentunya memperluas jangkauan pasarnya," ungkapnya.

Selain itu, dalam waktu dua bulan ke depan, DisdaperikopUKM juga akan membangun Warung Kerja Digital (Warja Digital) yang difasilitasi oleh Samsung. Warja Digital ini bertujuan untuk percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM dan koperasi di Buleleng berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Kominfosanti.

"Secara online Warja Digital ini bisa membantu pengembangan usaha salah satunya mencari karyawan atau tenaga kerja seiring perkembangan dan penguatan perusahaan. Para pencari kerja tidak perlu membawa bendel banyak untuk melamar. Disini kita tinggal mengecek dan memvalidasi," terangnya.

Untuk uji coba Warja Digital, DisdaperikopUKM telah mengundang total 190 koperasi dan UMKM. Samsung juga akan memberikan device-device untuk memasukkan produk-produk koperasi dan UMKM sehingga bisa dikenal lebih luas.

Sementara itu, dari Invelli akan melakukan program pendampingan-pendampingan seperti pemasaran, kemasan, branding, dan lain sebagainya dengan tujuan mewujudkan K-UMKM naik kelas dan go digital secara kolaboratif dan bersinergi.

"Ini merupakan langkah yang tepat dari Pemkab Buleleng untuk mendorong UMKM naik kelas. Dengan digitalisasi, UMKM bisa memperluas jangkauan pasarnya dan meningkatkan daya saingnya," ujar CEO PT Invelli Solusindo, I Nyoman Sukarta.

Ia menambahkan, pihaknya siap mendampingi UMKM di Buleleng dalam proses digitalisasi. Invelli memiliki berbagai pengalaman dalam membantu UMKM naik kelas melalui digitalisasi.

Peluncuran ekosistem digital ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Samsung Mobile, PT Invelli Solusindo, Dinas Tenaga Kerja, dan Kominfosanti Kabupaten Buleleng, serta para pelaku UMKM dan mahasiswa.7

Komentar