nusabali

Kotak Suara Mulai Dirakit, Target Rampung 3-4 Hari

  • www.nusabali.com-kotak-suara-mulai-dirakit-target-rampung-3-4-hari
  • www.nusabali.com-kotak-suara-mulai-dirakit-target-rampung-3-4-hari

NEGARA, NusaBali - KPU Jembrana mulai menyortir dan merakit kotak suara untuk Pemilu 2024 di Gedung Auditorium Jembrana, Jalan Mayor Sugianyar, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Kamis (14/12).

Total ada sebanyak 4.500 kotak suara yang akan dirakit. Perakitan ribuan kotak suara itu ditarget rampung dalam waktu 3-4 hari antara Sabtu (16/12) dan Minggu (17/12). 

Ketua KPU Jembrana I Ketut Adi Sanjaya mengatakan, ada 15 orang warga yang dilibatkan dalam perakitan kotak suara ini. Para tukang rakit surat suara itu diberi upah Rp 1.800 per kotak suara. Namun hari pertama kemarin, yang hadir hanya 9 orang. Meski dikerjakan 9 orang, sudah ada sebanyak 1.292 kotak yang dirakit. Perakitan dilakukan mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. "Hari pertama tadi sudah terakit 1.292 kotak. Sementara belum ada yang rusak," ujarnya.

Sesuai timeline, kata Adi Sanjaya, perakitan sebanyak 4.500 kotak suara itu, ditargetkan sudah rampung dalam waktu 3 hari. Tetapi karena hanya ada 9 tenaga di hari pertama kemarin, diperkirakan perlu tambahan waktu satu hari. "Targetnya 3-4 hari. Bisa juga selesai 3 hari kalau dikerjakan full 15 orang. Mungkin mulai besok, tenaga yang datang juga bertambah," ucap Adi Sanjaya.

Selain perakitan kotak suara, Adi Sanjaya mengatakan, sebelumya telah mensetting beberapa logistik yang sudah diterima KPU Jembrana. Diantaranya ada tinta dan bilik suara. "Tinta dan bilik suara sudah kita setting penempatannya per kecamatan sehingga nanti sudah bisa siap kirim. Nanti untuk perakitan bilik suara itu dilakukan di TPS," ujarnya. 

Sementara beberapa logistik yang belum diterima KPU Jembrana, dianatanya adalah surat suara, formulir, sampul dan template daftar calon tetap (DCT). Sesuai informasi, surat surat Pilpres untuk kebutuhan di Jembrana akan dikirim dari Klaten, Jawa Tengah, pada tanggal 22 Desember. Sedangkan untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI serta DPD, akan mulai dicetak di Denpasar pada 29-31 Desember nanti. "Kalau pengiriman surat suara yang dari Denpasar direncanakan tanggal 2 Januari," ucapnya. 7ode

Komentar