nusabali

Kodim 1609/Buleleng Tanam 100 Pohon di Lemukih

Sambut Hari Juang TNI AD

  • www.nusabali.com-kodim-1609buleleng-tanam-100-pohon-di-lemukih

SINGARAJA, NusaBali - Personel Kodim 1609/Buleleng melakukan penanaman bibit pohon di hutan Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Buleleng, pada hari Kamis, (14/12) pagi. Kegiatan sosial ini digelar dalam rangka Hari Juang TNI AD ke-78.

Dandim 1609/Buleleng, Letkol Angga Nurdyana mengatakan, penanaman bibit pohon merupakan bentuk kepedulian TNI akan alam. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan kegiatan serupa  di Desa Ambengan, kecamatan Sukasada, Buleleng. Selain itu, juga pembersihan sungai hingga pasar tradisional di Kabupaten Buleleng.

“Kegiatan juga perintah langsung dari KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Untuk di Buleleng sudah berjalan selama tiga minggu,” jelasnya di sela-sela penanaman pohon.

Pemilihan Desa Lemukih untuk penanaman bibit pohon mengingat wilayah tersebut menjadi penyangga Kabupaten Buleleng, apalagi wilayah Bali utara saat ini sudah memasuki musim hujan. Selain itu, agar lingkungan tetap asri dan lestari, serta mengurangi dampak pemanasan global saat ini.

Pohon yang ditanam pun beragam, ada bibit pohon intaran, cempaka, alpukat, dan srikaya di Desa Lemukih. Tentu pemilihan pohon-pohon tersebut bukan tanpa alasan, melainkan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Ekosistem serta hutannya harus kita jaga juga, jangan sampai berkurang, malah harus kita tambah pohonnya,” imbuhnya.

Penanaman pohon ini diikuti TNI juga diikuti Polri, BPBD Buleleng, Pemerintah Kecamatan Sawan, Pemerintah Desa Lemukih, masyarakat, hingga pelajar. Ini sebagai bentuk sinergitas dan saling mendukung antar pihak, juga sebagai bentuk pembelajaran dalam merawat alam.

Selain melakukan penanaman pohon, Kodim 1609/Buleleng juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Desa Lemukih, sebagai bentuk kepedulian mereka kepada sesama. 7mzk

Komentar