nusabali

Nataru, Polres Tabanan Perketat Jalur Wisata

  • www.nusabali.com-nataru-polres-tabanan-perketat-jalur-wisata

Dua jalur yang rawan macet dan mendapat atensi, yakni kawasan wisata Ulun Danu, Kecamatan Baturiti dan Tanah Lot, Kecamatan Kediri.

TABANAN, NusaBali
Amankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Polres Tabanan mengerahkan 115 personel. Dalam pengamanan itu dua jalur lalu lintas yakni arah menuju wisata Ulun Danu Beratan, Kecamatan Baturiti dan jalur menuju Daya Tarik Wisata Tanah Lot di Kecamatan Kediri diperketat. 

Pengamanan Nataru ini mulai dilakukan sebelum perayaan Natal bagi umat Kristiani pada 25 Desember mendatang. Tak hanya melibatkan personel Polres Tabanan, pengamanan juga dipertebal oleh personel di masing-masing polsek. 

Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukanada, mengatakan total personel yang dikerahkan atau ter-sprint untuk pengamanan Nataru berjumlah 115 orang. 

“Pengamanan mulai dilakukan dari 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Kekuatan personel 115 orang,” kata Kompol Sukanada, Selasa (12/12). 

Disebutkan personel yang bertugas ini mereka mengamankan tempat ibadah, kemudian arus lalu lintas serta pemantauan di lapangan atau patroli. Khusus jalur wisata mendapat atensi ketat pengamanan. 

“Ada dua jalur yang nanti rawan macet, yakni arah Baturiti dan Tanah Lot. Itu sudah di-skema-kan,” imbuh Kompol Sukanada.

Nantinya, jelas dia, dalam pengamanan selain unsur polisi juga akan melibatkan TNI dan Pecalang serta aparat lainnya. Mulai pengamanan selama peribadatan hingga terkait dengan lalu lintas di sekitaran gereja. Kemudian, untuk pengamanan pergantian tahun, jumlah kekuatan tetap sama. Namun akan lebih pada sistem patroli, karena memang di Tabanan tidak ada satu fokus tempat perayaan pergantian tahun. Karena banyak perayaan itu lebih di banjar-banjar. 

“Kami nanti untuk pengamanan personel tetap diploting di simpang-simpang jalan termasuk di seputaran Gedung Maria. Di simpang Bypass Soekarno juga. Dan itu melibatkan instansi terkait,” bebernya.

Berkaca pada pergantian tahun sebelumnya, atau 2022 lalu, dalam Operasi Lilin 2022 menyambut tahun baru 2023, Polres Tabanan mengerahkan sekitar 293 personel. Operasi tahun lalu juga digelar hampir dua pekan. 

Di tahun lalu, Polres Tabanan membangun atau menyiapkan enam pos pengamanan. Pos dimaksud yakni, dua Pos Pelayanan (di Tanah Lot dan Ulun Danu), satu pos terpadu di simpang Adipura Tabanan dan tiga Pos Pam masing-masing di Gereja Imanuel, Gereja Immaculata, dan di GPDI Tabanan. 7 des

Komentar