nusabali

KPU Buleleng Siap Rekrut 15.925 Anggota KPPS

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-siap-rekrut-15925-anggota-kpps

SINGARAJA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng akan merekrut sebanyak 15.925 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang. Rencananya KPU Buleleng akan membuka pengumuman dan sosialisasi perekrutan anggota KPPS pada Senin (11/12) besok.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, sesuai tahapan pemilu, perekrutan badan ad hoc anggota KPPS sudah harus dilakukan pekan depan. Buleleng sebagai wilayah terluas dan jumlah pemilih terbanyak di Bali dalam Pemilu 2024 mendatang, akan dibagi ke 2.275 tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga diperlukan sebanyak 15.925 orang anggota KPPS. Masing-masing TPS akan diisi oleh 7 orang anggota KPPS.

“Memang kita di Buleleng paling banyak dibandingkan kabupaten/kota di Bali. Kita tetap akan upayakan seluruh KPPS yang diperlukan untuk Pemilu 2024 mendatang, seluruhnya terpenuhi,” ucap Dudhi.

KPU akan mensosialisasikan perekrutan kepada seluruh stakeholder dari pemerintah kabupaten, kecamatan hingga di pemerintah desa dan kelurahan. Dudhi juga menyebut akan bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi (PT) di Buleleng untuk perekrutan mahasiswanya sebagai anggota KPPS di wilayah asal masing-masing.

“Mudah-mudahan berjalan dengan lancar sehingga seluruh KPPS bisa terpenuhi. Kalau Pemilu 2019 lalu semuanya terpenuhi tepat waktu,” imbuh Dudhi.

Dudhi menyebut dalam Pemilu 2024 ini honor anggota KPPS akan dinaikkan, yakni sebesar Rp 1,1 juta per orang. Nilainya meningkat dari honor Pemilu 2019 lalu yang hanya Rp 500.000. Hal ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk ikut serta sebagai penyelenggara Pemilu 2024 mendatang sebagai anggota KPPS. “Kami harapkan partisipasi masyarakat bisa ikut serta menjadi penyelenggara Pemilu 2024,” ucap dia. 7 k23

Komentar