nusabali

Ratusan Siswa Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-ikuti-kejuaraan-pencak-silat-bupati-cup
  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-ikuti-kejuaraan-pencak-silat-bupati-cup

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 324 atlet pencak silat turu n dalam kejuaran Bupati Cup Tahun 2023. Event yang kembali digelar setelah vakum 2 tahun karena Covid-19 ini dibuat untuk menjaring bibit atlet mumpuni dan pelestarian budaya.

Kejuaran Bupati Cup tersebut langsung dibuka Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya di GOR Debes Tabanan pada Kamis (7/12). Dari 324 atlet  tersebut mempertandingkan 55 kelas pertandingan. Seluruh atlet yang berlaga ini berasal dari 36 SD, 30 SMP dan 18 SMA.

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengapresiasi digelarnya juara Pencak Silat. Apalagi dalam setiap kejuaraan Pencak Silat ini selalu menjadi andalan penyumbang emas bagi Tabanan. "Jadi saya sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Tabanan) Tabanan," jelasnya. 

Selain itu kata dia ajang kejuaran tersebut dilakukan bagian dari melestarikan budaya. Apalagi sebelum Indonesia merdeka pencak silat sudah ada. "Ini sekaligus untuk menjaring bibit atlet terbaik," kata Bupati Sanjaya. 

Sementara itu Ketua IPSI Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama delapan perguruan yang ada di Tabanan. Apalagi Pencak Silat adalah olahraga andalan Tabanan. "Prinsip kita melaksanakan kejuaran ini juga bagain dari menjaga warisan budaya," katanya. 

Selain itu tegas dia event digelar juga bagian dari membangun bibit-bibit pemula sehingga dilibatkan siswa SD, SMP, dan SMA dengan jumlah peserta 324 orang.

"Tahun depan kami bakal menarget untuk melibatkan lebih dari 500 orang. Karena nanti anak-abak yang menang dalam kejuaraan ini dipastikan bakal mewakili Tabanan dalam ajang Porsenijar sehingga tidak akan membuat seleksi kembali," tandas Eka Nurcahyadi yang juga anggota DPRD Tabanan dari fraksi PDIP ini. 7des

Komentar