nusabali

Tumbang, Pohon Mangga Timpa Palinggih

  • www.nusabali.com-tumbang-pohon-mangga-timpa-palinggih

AMLAPURA, NusaBali - Palinggih Subak Tengah di Banjar Ketug, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (6/12) pukul 02.00 Wita, ditimpa pohon mangga, panjang 10 meter, dan diameter 35 cm. Akibatnya, palinggih rusak. Kerusakan juga terjadi pada gudang perabotan dan garase mobil beratap seng milik warga, Kadek Arya Sutama.

Camat Manggis Putu Eka Putra Tirtana yang menerima laporan warga atas bencana itu. Dia meneruskan laporan itu ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem. Berlanjut BPBD melakukan penanganan, di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa. Petugas ke lokasi dengan membawa tiga mesin potong kayu atau chainsaw.

Hadir di lokasi, Camat Manggis Putu Eka Putra Tirtana, Kelian Banjar Dinas Ketug I Nyoman Pasek, Kelian Subak Tengah I Made Carik, dan warga.

Petugas BPBD melakukan penanganan dengan memotong-motong pohon mangga menjadi beberapa bagian. Langkah ini untuk memudahkan evakuasi pohon. Penyebab pohon mangga tumbang karena akarnya telah lapuk dan belakangan diguyur hujan lebat.

Mengenai garase mobil yang juga kena imbas akibat pohon mangga tumbang, karena lokasinya berdekatan dengan palinggih Subak Tengah. Kelian Subak Tengah I Made Carik mengaku Tengah emikirkan untuk membangun kembali palinggih itu untuk tempat ngaturang Piodalan. "Nanti kami parum (rapat) dulu melibatkan anggota Subak Tengah," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa mengatakan, pohon mangga yang tumbang karena telah tua. Bagian akar keropos sehingga roboh. "Setelah hujan mengguyur sebelumnya, bagian tanah jadi basah, dan akar pohon tidak kuat menahan beban batang pohon," jelasnya.

Perbekel Antiga I Wayan Madra Arsana membenarkan, terjadi pohon mangga tumbang di Subak Tengah. "Kami telah melibatkan perangkat desa, turut melakukan penanganan," katanya.7k16

Komentar