nusabali

Raih Tiga Perunggu, Efrie Surya Berkesan Ikut Kejuaraan Dunia

  • www.nusabali.com-raih-tiga-perunggu-efrie-surya-berkesan-ikut-kejuaraan-dunia

JAKARTA, NusaBali - Atlet Vovinam Indonesia, Efrie Surya Perdana mengaku sangat berkesan mengikuti Kejuaraan Dunia Vovinam di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 22-30 November 2023. Efrie merasa tidak hanya berhadapan dengan lawan-lawan dari kawasan Asia Tenggara, tapi juga dari Eropa.

"Perasaan saya mengikuti Kejuaraan Dunia ini sangat berkesan, karena bisa bersaing dengan banyak negara, terutama dengan atlet Eropa yang sangat kuat setelah Vietnam. Di sana, kami banyak dapat inspirasi dari cara mereka merangkai gerakan-gerakan," ujar Efrie Surya, , Jumat (1/12).

Atlet kelahiran Tabanan, 17 Juli 1998 ini mengatakan, di Kejuaraan Dunia untuk beberapa nomor pertandingan bisa dirangkai sendiri sehingga menjadi lebih bervariasi. Negara Eropa yang mengikuti kejuaraan tersebut, antara lain Italia, Belgia dan Prancis.

Efrie pun sempat berhadapan dengan atlet Prancis di nomor Leg Attack Technique 4 Males. Di nomor tersebut, Efrie satu tim dengan

I Wayan Wisma Pratama Putra, Made Krisna Dwipayana, dan I Wayan Purbawa. Mereka mendapatkan medali perunggu bersama Tim Prancis. Namun, skor tim Prancis lebih tinggi yakni 261.Sedangkan Efrie dkk mendapat nilai 257. Selain tampil di nomor Leg Attack Technique 4 Males, Efrie juga turun di empat nomor lainnya sehingga total mengikuti lima nomor. 

"Atlet yang mengikuti lima nomor ada tiga orang. Saya, Wayan Wisma dan Gung Wah," kata Efrie.

Dari lima nomor yang diikuti, tiga nomor meraih medali perunggu. Yakni Leg Attack Technique 4 Males, Pair Machete Form Male bersama I Wayan Wisma Pratama Putra serta di nomor 1 Female Athlete Defense Against 3 Male Athletes with Weapon bersama I Wayan Wisma Pratama Putra, I Gusti Agung Ngurah Suardyana dan Kade Ayu Mas Sasvita Dewi.

Turun di lima nomor Kejuaraan Dunia, tak membuat Efrie repot. Persiapannya hanya lebih padat saat latihan. Setiap latihan, dia hanya membatasi dua sampai tiga nomor agar gerakan dan staminanya terjaga. Ketika bertanding, Efrie pun tidak kehabisan energi. Dia tetap tampil prima sehingga memperoleh tiga medali perunggu. 

"Saat bertanding kemarin, tidak terlalu terkuras energinya. Sebab, satu hari saya menjalani satu pertandingan," kata Efrie, yang meraih medali perunggu pada SEA Games 2023 Kamboja. k22

Komentar