nusabali

WBP Lapas Tabanan Ikuti Penyuluhan HIV/AIDS

  • www.nusabali.com-wbp-lapas-tabanan-ikuti-penyuluhan-hivaids
  • www.nusabali.com-wbp-lapas-tabanan-ikuti-penyuluhan-hivaids

TABANAN, NusaBali - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana Lapas Kelas II B Tabanan mendapatkan penyuluhan HIV/AIDS pada Jumat (1/12). Penyuluhan yang diberikan dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia ini bertujuan mencegah penularan AIDS di dalam Lapas.

Sebelum menerima materi penyuluhan, warga binaan pemasyarakatan ini diajak untuk senam bersama. Dipandu oleh petugas, warga binaan tampak semangat dalam mengikuti setiap gerakan senam.

Kegiatan penyuluhan dibuka oleh Kepala Subseksi (Kasubsi) Perawatan Lapas Tabanan, Hari Yogeswara. Dia mengatakan penyuluhan HIV/AIDS dilaksanakan sebagai upaya preventif dalam pencegahan penularan HIV/AIDS, khususnya di Lapas Tabanan. 

“Mengingat jumlah penularan HIV/AIDS di lapas semakin meningkat sehingga kegiatan ini sangat perlu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran warga binaan mengenai bahaya penularan AIDS,” jelasnya.


Penyuluhan HIV/AIDS kepada warga binaan Lapas Tabanan dilakukan oleh Perawat Pertama Lapas Tabanan, Deby Kristianti. Dalam kesempatan itu warga binaan diberikan informasi mengenai pengertian, cara penularan, dan cara pencegahan dari HIV/AIDS. “HIV/AIDS dapat menular melalui kontak dengan cairan tubuh penderita yaitu darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, dan ASI,” terangnya.

Deby Kristianti berpesan kepada warga binaan untuk melakukan hubungan seksual yang aman. Mulai dari tidak berganti-ganti pasangan dan menggunakan kondom, tidak penggunaan jarum suntik. Serta menghindari penggunaan alat pribadi orang lain seperti penggunaan pisau cukur. 

"Hal ini digunakan untuk menghindari risiko penularan berbagai penyakit dan infeksi akibat kontak langsung dengan cairan tubuh orang lain yang tidak diketahui riwayat penyakitnya," jelas Kristianti 

Sementara itu Kepala Lapas (Kalapas) Tabanan, Muhamad Kameily, berharap kepada warga binaan Lapas Tabanan untuk selalu mengimplementasikan informasi yang disampaikan oleh Tim Medis Lapas Tabanan terkait upaya pencegahan dari HIV/AIDS. “Mari kita tingkatkan kesadaran dan perbanyak belajar untuk melawan dan menghindari penyakit HIV/AIDS,” pesannya. 7des

Komentar