nusabali

Pilih Jalur Denpasar – Karangasem - Singaraja

Polisi Kawal Distribusi Surat Suara Pemilu

  • www.nusabali.com-pilih-jalur-denpasar-karangasem-singaraja

Jalur timur cukup landai. Berbeda dengan jalur shortcut Denpasar - Singaraja yang cukup berliku dan banyak tanjakan maupun turunan.

SINGARAJA, NusaBali
Personel Polres Buleleng mengawal ketat distribusi logistik Pemilu 2024 berupa sekitar 65.000 lembar surat suara. ‘Kertas berharga’ ini dikirim dari Kota Denpasar ke Buleleng, Selasa (28/11). Surat suara akan disimpan di gudang logistik KPU Buleleng, di Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Darma Diatmika mengatakan, pengamanan distribusi logistik Pemilu merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024. Ada 10 personel kepolisian dikerahkan dalam pengawalan tersebut dengan menggunakan dua unit kendaraan dinas. Pengawalan dipimpin langsung Kasat Samapta Polres Buleleng AKP Wayan Sukrawan.

"Tadi pagi sebelum berangkat, pengecekan kendaraan sudah dilaksanakan. Ada 10 personel yang ditugaskan dalam pengawalan dengan menggunakan satu unit mobil Sat Lantas dan satu unit mobil Unit Samapta. Pengawalan logistik surat suara sampai di gudang KPU Buleleng. Anggota yang bertugas mengawal juga dilengkapi dengan senjata," jelasnya.

Dia mengungkapkan, logistik Pemilu itu dikirim dari Kota Denpasar menuju Kota Singaraja melalui jalur timur, yakni Kabupaten Gianyar, Klungkung, dan Karangasem. Dari Karangasem melalui jalur pantai utara menuju Kota Singaraja.

Jelas AKP Sukrawan, jalur tersebut dipilih dengan pertimbangan, salah satunya mengurangi risiko kecelakaan. Sebab beban logistik cukup berat dan kendaraan yang digunakan besar. Kondisi ruas jalan pada jalur timur cukup landai. Berbeda dengan jalur shortcut Denpasar - Singaraja yang cukup berliku dan banyak tanjakan maupun turunan. "Pertimbangannya mengurangi risiko kecelakaan dengan beban berat dan besar. Jadi perjalanannya lewat Karangasem," kata dia.

Sesampainya di gudang KPU Buleleng, logistik Pemilu itu juga akan dijaga ketat oleh personel jaga. "Khusus di gudang KPU Buleleng sudah dijaga sekitar 15 personel yang standby dari Unit Reskrim dan Sabhara. Anggota yang mengamankan logistik Pemilu bergiliran," pungkas dia.

Di sisi lain, untuk memantapkan kembali pengaman tahapan kampanye Pemilu 2024, Polres Buleleng melakukan apel gelar pasukan, Selasa kemarin, di Lapangan Upacara Mapolres Buleleng. Apel dipimpin Wakapolres Buleleng Kompol Taufan Rizaldi. Sesuai rencana Operasi Mantap Brata 2023-2024, sebanyak 245 personel Polres dan Polsek jajaran dikerahkan dalam tahapan kampanye Pemilu yang berlangsung selama 34 hari.

Personel yang bertugas mengamankan kampanye ditekankan untuk selalu berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti KPU dan Bawaslu. Sebab, pengamanan tersebut berkaitan dengan kelancaran jalannya Pemilu 2024. Anggota Polri juga diingatkan kembali untuk menjaga netralitas dalam Pemilu.7mzk

Komentar