nusabali

Pantai Pandawa Dijadikan Ekowisata

  • www.nusabali.com-pantai-pandawa-dijadikan-ekowisata

Pesona alam bawah laut Pantai Pandawa kini mulai digarap serius oleh pengelolah Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. 

MANGUPURA, NusaBali
Kini, di Pandawa dijadikan sebagai zona budidaya berbagai jenis karang laut. Ribuan karang telah berhasil dibudidayakan seperti species acropora dan soft coral jenis euphyllia.

“Kami ingin Pandawa menjadi ekowisata. Arealnya kita plot hampir satu hektare. Sekarang baru 30 persen yang sudah tertanam karang,” kata Kepala Tata Usaha Pengelola Pantai Pandawa, Wayan Letra dihubungi Kamis (13/7) kemarin.

Letra mengaku sebenarnya konsep transplantasi coral di Pantai Pandawa sudah dilakukan sejak sekitar tahun 2011. Menurutnya Pandawa cocok sebagai tempat proses transplantasi coral karena didukung oleh kondisi alam. Pihaknya bekerja sama dengan pemerhati coral, Unud, dan Pokmaswas.

 "Ke depan kita memang ingin mempaketkan ekowisata karang dengan Pantai Pandawa. Di sini cocok untuk transplantasi karang karena ombaknya tak terlalu besar. Selama ini sudah banyak kegiatan edukasi yang datang (ke Pandawa), baik dari sekolah dari dalam dan luar negeri, serta dari perusahaan,"paparnya.

 Sementara Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendali Mutu (BKIPM) kelas I Denpasar, Woro Nur Endang Sariati mengaku siap bersinergi dengan Desa Adat Kutuh. Selama ini lokus pelepasan coral lanjut Woro sering dilakukan di Pantai Mengiat, Nusa Dua dan Pulau Serangan karena dijaga oleh kelompok nelayan dan pokmaswas. “Kami siap bekerja sama yang terpenting harus terjaga untuk konservasi. Sehingga nanti kalau ada hasil sitaan bisa dilepasliarkan di sana,” tutur Woro. *cr64

Komentar